Forgot Password Register

Antara Ikan dan Susu, Mana yang Lebih Bergizi?

Antara Ikan dan Susu, Mana yang Lebih Bergizi? Ilustrasi ikan dan susu (Ilustrasi: Pantau.com/Amin Hayyu Al Bakki)

Pantau.com - 'Makan ikan, atau saya tanggelamkan!', kata itu begitu menggagung di telinga saat dilontarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, agar masyarakat mau memakan ikan.

Memang di dalam ikan, khususnya ikan laut, terkandung banyak kebaikan gizi, salah satunya protein yang baik untuk kesehatan. Tapi pernahkah terpikir baik mana kandungan gizi ikan dibanding susu?.

Jawabannya, menurut Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Achmad Syafiq, adalah sama baiknya.

"Sebenarnya dua-duanya sama-sama baik, cuma masyarakat yang paling penting itu mengerti. Ikan juga jenisnya macam-macam, tapi sebagai sumber protein ikan tentu bagus sekali menurut saya ya. Jadi baik ikan maupun susu sama-sama baik," ujar Syafiq dalam seminar kesehatan YPKP di Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, (7/11/2018).

Tapi kamu perlu tahu, kalau pengolahan susu cenderung lebih praktis dan mudah dibanding ikan. Susu bisa diminum secara sendiri tanpa memerlukan unsur lain, sedangkan ikan perlu melalui proses memasak.

Baca juga: Seperti Kata Menteri Susi, Makan Ikan dan Rasakan Sejuta Manfaatnya

Sebenarnya bisa saja jika ikan dimakan langsung dan gizinya lebih terjamin seperti di negara maju Jepang. Sayangnya budaya Indonesia tidak seperti itu, tradisinya adalah ikan harus melalui proses pematangan.

"Karena kita budaya makan ikan langsung dari mancing pasti harus melalui dapur dulu, enggak bisa langsung ke meja makan," tuturnya

"Jadi bagaimana sekarang membuat proses ini juga lebih mudah, dan kita perlu. Saya kira kalau masalah kreativitas dan kuliner Indonesia sih jago banget," tambahnya.

Baca juga: Orang Gemuk Sebaiknya Hindari Susu Segar

Keadaan ikan yang segar jadi jalan terbaik dalam mempertahankan kandungan gizi di dalam ikan, tentu artinya tempat penyimpanan ikan perlu diperhatikan.

"Karena negara kita kaya dengan ikan, kita harus makan ikan juga, Jadi intinya makanan harus beragam, karena tidak ada satu makanan pun yang mengandung semua zat gizi yang kita perlukan, itu enggak ada," tutupnya

Share :
Komentar :

Terkait

Read More