Forgot Password Register

Mahathir Mohamad Menang Pemilu Malaysia, Jadi Pemimpin Tertua di Dunia

Mahathir Mohamad Menang Pemilu Malaysia, Jadi Pemimpin Tertua di Dunia Mahathir Mohamad merayakan kemenangan (Foto: Reuters/Lai Seng Sin)

Pantau.com - Mahathir Mohamad terpilih menjadi pemimpin tertua di dunia usai kemenangannya di Pemilu Malaysia. Aliansi gabungan oposisi Pakatan Harapan mengantarkan Mahathir menjadi perdana menteri di usia 92 tahun. Mengalahkan Barisan Nasional yang telah berkuasa selama enam dasawarsa terakhir.

Hasil resmi pemilu Malaysia menunjukkan Pakatan Harapan mendapatkan 121 dari 222 kursi di parlemen. Sementara aliansi Barisan Nasional yang selama ini menjadi mayoritas, hanya mampu menguasai 79 kursi, jauh dibandingkan 133 kursi yang diperoleh dalam pemilu sebelumnya.

Baca juga: Menanti Hasil Pemilu Malaysia, Najib Razak Vs Mahathir Mohamad

Kemenangan ini pun disambut antusias warga Malaysia yang langsung merayakan kemenangan bersejarah itu.

"Kami tidak membalas dendam. Yang kami inginkan adalah memulihkan hukum," kata Mahathir.

Mahathir tampak gembira dan sigap dalam konferensi pers saat mengklaim kemenangan. Bahkan ia kerap bercanda dengan wartawan, dan akan melakukan audiensi dengan raja Malaysia.

Baca juga: Soal Kesepakatan Nuklir Iran, Ini Kata PBB

Raja akan menandatangani surat pengangkatannya sebagai perdana menteri monarki konstitusional Malaysia pada upacara di istana kerajaan di ibu kota, Kuala Lumpur.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More