Forgot Password Register

Manfaat Camilan yang Belum Kamu Ketahui

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa ngemil adalah kebiasaan yang buruk dan bisa menyebabkan berat badan melonjak.

Namun ternyata mengonsumsi camilan di kala senggang bisa memberikan pengaruh yang baik untuk menjaga kondisi tubuh.

Simak apa saja manfaat ngemil bagi kesehatan.

1. Mencegah perut keroncongan

Pada dasarnya perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali? Sebab ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan akan terus bekerja.

Jadi, jangan heran kalau terdengar suara 'keroncongan' dari perut, itu adalah tanda bahwa perut sedang bekerja walaupun dalam keadaan kosong.

Kamu bisa mengakali perut 'keroncongan' dengan mengonsumsi camilan. Kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat 'keroncongan'.

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Popcorn Ternyata Camilan yang Menyehatkan

2. Mengisi waktu jeda

Salah satu pilihan waktu yang paling baik mengonsumsi camilan adalah di antara makan siang dan makan malam. Mengonsumsi camilan di antara kedua waktu ini akan menghindari tubuh dari rasa lapar.

3. Menekan nafsu makan

Kebiasaan ngemil dapat menghindarkan kamu dari nafsu makan berlebih. Hal ini terjadi lantaran ketika waktu makan datang, kamu masih merasa kenyang akibat sudah memakan camilan sebelumnya, sehingga akan membuatmu mengambil porsi makan yang lebih sedikit.

4. Menjaga kadar gula

Dengan pemilihan camilan yang sehat, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh, khususnya kadar gula dan tekanan darah dalam kondisi yang normal.

Kebiasaan ini bahkan sangat membantu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu dari 5 Makanan Camilan Khas Imlek

5. Tubuh mendapatkan berbagai macam gizi

Jika camilan yang kamu konsumsi sehat, tentu akan semakin banyak gizi yang kamu dapatkan. Misalnya, buah-buahan yang dijadikan camilan akan memberikan beragam vitamin dan mineral bagi tubuhmu.

Oleh karena itu, sebaiknya jenis buah yang kamu makan bermacam-macam agar mendapatkan lebih banyak gizi dan camilan tersebut.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More