Pantau Flash
FKUB Minta Pemprov Papua Gandeng Ulama saat Investigasi di Jawa Timur
Minta Penjelasan Soal Pajak IMEI, Sri Mulyani akan Datangi Menkominfo
Wali Kota Depok Pilih Gabung DKI Jakarta Ketimbang Provinsi Bogor Raya
Kondusif, Pertamina Kembali Salurkan BBM di Manokwari, Sorong, dan Jayapura
Wiranto Sebut Situasi Keamanan di Papua Sudah Kondusif

Ma'ruf Amin Sebut TKA di RI di Bawah 0,01 Persen, Ini Faktanya!

Ma'ruf Amin Sebut TKA di RI di Bawah 0,01 Persen, Ini Faktanya! Pekerja baja di China (Foto: China Daily)

Pantau.com - Debat ketiga yang berlangsung pada Minggu (17 Maret 2019) antara dua calon wakil Presiden RI, nomor urut 01 dan 02, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. 

Memastikan data yang disampaikan oleh Ma'ruf Amin soal angka tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia yang jumlahnya tak sampai 1 persen. 

"Tenaga kerja asing di Indonesia terkendali dengan aturan yang ada. Jumlahnya di bawah 0,01 persen. Dan itu adalah paling rendah di seluruh dunia. Itu lihat datanya," jelas Ma'ruf Amin dalam debat wakil presiden di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17 Maret 2019).

Baca juga: Bank Sentral AS Diprediksi Akhiri Kenaikan Suku Bunga

Apakah pernyataan ini benar? data Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah tenaga kerja asing di Indonesia pada 2018 mencapai 95.335 pekerja, atau sebesar 0,08 persen jika dibandingkan jumlah angkatan kerja pada 2018 yang mencapai 124 jutaan menurut data Badan Pusat Statistik.

Baca juga: Menghitung Jumlah Pasti Startup di Indonesia, Benarkah Sampai 1.000?

Jumlah tenaga kerja asing tersebut juga tidak jauh berbeda dengan temuan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yaitu sebanyak 157 ribu orang. 

Tetapi, seperti kita tahu bahwa KSPI juga mempersoalkan TKA tersebut karena sebagian besar merupakan buruh kasar. Sebab, menurut mereka, pekerjaan kasar tersebut dapat diisi oleh pekerja lokal tanpa harus mendatangkan pekerja dari luar negeri. 

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: