Forgot Password Register

Merokok di Dalam Mobil Ber-AC Aman Kok, Tapi..

Merokok di Dalam Mobil Ber-AC Aman Kok, Tapi.. Ilustrasi AC. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mengemudi sambil merokok dengan kondisi AC menyala serta kaca mobil yang terbuka sebagian, ternyata tidak sepenuhnya dapat merusak AC kendaraaan, namun dipastikan membuat kinerja sistem pendingin menjadi tidak optimal dan ruang kabin menjadi bau.

Kelvin Ong dari bengkel servis AC Rotary Bintaro mengatakan perilaku merokok sambil membuka kaca mobil membuat kinerja AC terbebani, karena kompresor akan terus bekerja untuk mencapai titik suhu yang sesuai.

"AC tidak akan optimal, itu yang pertama. Karena kompresor tidak akan cut-off. Kompresor bisa cut-off kalau suhunya sudah tercapai," kata Kelvin Ong.

Baca juga: Jangan Nyalakan AC Saat Menghidupkan Mobil, Bahaya!

'Cut off' merupakan proses saat kompresor beristirahat sejenak, setelah suhu di dalam kabin mobil sudah sesuai.

Selain AC mobil bekerja lebih berat, merokok dan membuka kaca mobil juga memungkinkan debu masuk ke sistem pendingin.

"Kalau udara yang dihirup panas terus, dia akan bekerja lebih berat. Kedua, kotoran atau debu akan masuk ke sistem AC, membuat evaporator menjadi bau, berjamur," kata dia.

Baca juga: Wiper Mobilmu 'Mencicit'? Tak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mengatasinya!

Ia mengatakan, untuk menghilangkan aroma rokok di dalam kabin mobil tidak hanya dengan cara membersihkan AC, tapi segenap bagian interior juga turut dibersihkan.

"Sebaiknya jangan makan dan merokok di dalam mobil karena aroma tidak hanya terserap ke AC, tapi bisa ke karpet, jok dan plafon," katanya.

"Bisa diminimalisir dengan filter, namun tetap membutuhkan fogging. Jadinya maintenance akan memakan dana yang banyak," tutup dia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More