Forgot Password Register

Meski Bergizi, Tahu Ternyata Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Tahu merupakan makanan olahan kacang kedelai yang baik untuk kesehatan. Kandungan protein yang tinggi dalam tahun sangat dibutuhkan untuk asupan gizi.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Mengonsumsi Gula Merah

Namun, ternyata meski memiliki gizi tinggi, tahu juga bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa alasan kenapa tahu bisa menjadi makanan yang mengancam kesehatan tubuh.

1. Pembuatan tahu yang melibatkan bahan kimia untuk merekayasa genetika yang berlebihan bisa menimbulkan ancaman penyakit serius seperti ginjal, lever, dan kanker.

2. Menurut peneliti tahu mengandung fitoestrogen yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan sel abnormal berkembang di payudara dan berisiko mengidap kanker payudara.

3. Meski sehat tapi ada sisi berbahaya dari kacang kedelai yang diketahui mengandung isoflavone genistein. Senyawa berbahaya tersebut bisa mengganggu produksi kelenjar tiroid dan menyebabkan hipotiroidisme.

4. Mengonsumsi tahu dalam jumlah banyak, dan tidak dibarengi dengan makanan yang cukup serat memicu terjadinya penyakit pencernaan. Meski lembut tahu termasuk makanan yang sulit dicerna dan bisa memicu keasaman dalam perut.

Baca juga: Susu Kental Manis Berisiko Membuat Anak Obesitas dan Diabetes

5. Tahu mengandung senyawa phytate yang menyebabkan penyerapan nutrisi terganggu, termasuk vitamin D dari sinar matahari, maka hal ini bisa menyebabkan tulang jadi lemah dan rapuh.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More