Forgot Password Register

Miliki Keunikan! INAPGOC Luncurkan Desain Medali Asian Para Games 2018

Miliki Keunikan! INAPGOC Luncurkan Desain Medali Asian Para Games 2018 Medali Asian Para Games 2018 resmi diperkenalkan. (Foto: Pantau.com/ Wila Wildayanti)

Pantau.com - Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) resmi meluncurkan tiga desain medali Asian Para Games 2018 tepat pada Jumat (5/10/2018). Ketiga medali itu memiliki perbedaan dari medali-medali sebelumnya, yaitu medali memiliki suara.

Directur of Sport Inapgoc, Fanny Riawan, mengatakan bahwa medali sebenarnya terinspirasi dari Paralimpic Rio, Brasil. Karena mereka pertama kali yang mengeluarkan medali dengan adanya suara, begitu pula di Indonesia ini akan menjadi yang pertama dalam sejarah bahwa medali kali ada bunyi dan ada bola di dalamnya,

Baca Juga: Jay Subianto Bocorkan Konsep Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Untuk yang kedua, ada tulisan braile di bagian belakang jadi memudahkan para atlet yang tuna netra untuk paham mereka dapat prestasi di nomor berapa.

“Ini harusnya menjadi sejarah besar buat Indonesia ya, sebelumnya belum pernah ada medali yang ada bunyinya. Karena ini memang olahraga berbeda, tujuannya menunjukkan apresiasi kepada temen-temen yang tunanetra atau visual impairment,” ujar Fanny Riawan di GBK Arena, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Letak perbedaan medali Asian Para Games 2018 ini sendiri dengan perbedaan setiap medali, dari medali emas yang ada 26 butir bola di dalamnya. Begitu pula medali perak dengan 20 bunyi bola l, dan 16 butir bola untuk medali perunggu, hal ini dilakukan untuk mempermudah para atlet mengetahui dan mengenalinya.

Baca Juga: Soal Komodo di Opening Ceremony Asian Para Games 2018, INAPGOC Terima Teguran 

Sementara untuk pembuatannya, Fanny menyampaikan bawa pembuatannya di Guanzhou, China dan pembuatannya sendiri selama empat bulan lamannya. Bahkan ia juga mengaku kalau pembuatannya dengan meminjam medali dari Ni Nengah Widi, medali yang diperoleh saat di Paralympic Rio, Brazil.

“Medali emas ada 26 bola kecil di dalamnya jadi sebelum dibuat dibelah dulu lalu taruh bola di dalamnya ini sebenarnya di Indo belum pernah ada. Untuk perak 20 butir bola dan perunggu 16 butir bola, ini di desain oleh tiga orang Wasekjen Fery Tono, Tarik Sohib dan Presiden APC (Asian Paralympic Commite),” tambahnya

“Kami membuat ini berdasar entry by name yaitu 546 set tapi kan bergeser lagi jadi 512,” pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More