Pantau Flash
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020
Trump Naikkan Tarif Produk Turunan Baja dan Alumunium Beberapa Negara
Winger Chelsea Gabung Inter Milan dengan Status Pinjaman
Menhub Minta Tarif Garuda Bisa Dijangkau Masyarakat

Miliki Pekerjaan Tak Mudah, Ini Deretan 5 Agen Pesepakbola Terbaik Dunia

Miliki Pekerjaan Tak Mudah, Ini Deretan 5 Agen Pesepakbola Terbaik Dunia Jorge Mendes agen dari Cristiano Ronaldo. (Foto: Sky Sport)

Pantau.com - Sepakbola saat ini sudah menjadi industri besar, karena itu seorang pemain profesional membutuhkan agen. Syarat menjadi agen pun harus memiliki pengalaman, pengamatan dan juga pemahaman mendalam soal sepakbola.

Untuk menjadi agen dalam sepakbola tidak mudah. Ia harus pintar melihat kemampuan untuk menilai potensi calon pesepakbola masa depan. Selain itu, agen sepakbola juga kudu mahir dalam hal pemasaran dan negosiasi yang sangat baik. Ini dasar untuk memberikan presentasi yang hebat dan mencapai kesepakatan yang tepat dengan klub.

Pantau.com merangkum agen pesepakbola terhebat di dunia dari berbagai sumber. Siapa saja mereka dan bagaimana sepak terjangnya.

Baca juga: 5 Pesepakbola Bermuka Boros, Salah Satunya Ada yang Alami Banget

1. Pini Zahavi

Pini Zahavi. (Foto: Les Perisien)

Nama Pini Zahavi mulai dikenal publik ketika ia memegang transfer yang sering melibatkan klub Premier League, Chelsea. Sejak miliarder Rusia, Roman Abramovich membeli The Blues pada 2003, ini menjadikan Zahavi sebagai agen yang sangat kaya di dunia.

Selain bisnisnya memasok pemain, Zahavi juga bertanggung jawab untuk menegosiasikan kontrak untuk semua pemain bintang yang ditandatangani.

Pria asal Israel ini juga memainkan peran utama dalam pembelian klub baru-baru. Dengan jaringannya yang luas di industri sepakbola, ia membuktikan namanya sebagai agen selebriti pertama dalam bisnis sepakbola. Ia memiliki klien seperti Carlos Tevez dan Rio Ferdinand.

2. Pere Guardiola

Pere Guardiola. (Foto: Marca)

Ketika kita menyebut nama Guardiola, pasti dibenak kita langsung terbayang sosok pelatih tersukses. Namun jangan salah, masih ada Guardiola yang lain. Ini adalah Pere Guardiola yang merupakan agen ternama pemegang pemain-pemain top.

Pere pernah berhasil dalam transfer Luis Suarez dari Liverpool ke Barcelona. Selain itu, ia juga memiliki klien seperti Hector Bellerin, Jon Toral, dan Isaac Cuenca selain. Di Spanyol ia merupakan agen terkenal.

3. Jonathan Barnett

Barnet memiliki beragam atlet. (Foto: AP)

Jonathan Barnett memiliki sebuah perusahaan bernama Stellar Group Limited. Ia mewakili beragam atlet mulai dari sepakbola hingga tinju. Ia pernah mewakili legenda tinju Inggris-Kanada yang terkenal, Lennox Lewis.

Barnett bahkan pernah terlibat penyadapan pada 2005. Kala itu Ashley Cole yang bermain untuk Arsenal melakukan negosiasi ilegal bersama Chelsea. Dan itu lewat perantara Barnett.

Ia memiliki klien seperti Wojciech Szczesny, Joe Hart, Ashley Cole, Luke Shaw, Darren Bent, dan Gareth Bale. Jonathan Barnett berada di dalam daftar agen sepakbola terbaik di dunia. Dan tentunya, ia pernah menang banyak ketika menuntaskan rekor transfer Bale ke Real Madrid.

Baca juga: Kiper Terburuk yang Pernah Main di Klub Top Eropa, Ada 2 dari Man United

4. Mino Raiola

Raiola. (Foto: Evening Standard)

Pria Italia-Belanda ini merupakan agen sepakbola terkenal, karena memiliki banyak pemain bintang. Raiola dikenal memiliki kecerdasan dalam hal negosiasi kontrak dalam jumlah besar, praktis ia kebagian persenan yang begitu besar.

Sebut saja Edinson Cavani, Mario Balotelli, Gianluigi Donnarumma, Paul Pogba, Moise Kean, Matthijs de Ligt dan Zlatan Ibrahimovic, merupakan kliennya.

Raiola memegang kendali atas Pogba hingga menjadi pemain hebat saat ini. Selain itu, Juventus mampu menjual kembali Pogba ke Man United dengan label pemain termahal dunia 2016 dengan harga jual 105 juta Euro, juga karena Raiola.

Namun selain kasus di atas, Raiola juga semakin kaya dengan menjadi agen Ibrahimovic. Ibra berulang kali ditransfer dari klub kaya dan akhirnya menetap bersama LA Galaxy di MLS.

5. Jorge Mendes

Mendes sebagai top agen pesepakbola Portugal. (Foto: AP)

Memiliki kelihaian dalam bernegosiasi tak ada yang mengalahkan Jorge Mendes. Meski tak pernah menginjakkan kakinya sebagai pesepakbola profesional, pria Portugal ini berhasil membesarkan pemain di tanah kelahirannya.

Jika ada beberapa kontrak besar yang perlu dilakukan dengan pemain bintang dari Portugal, Mendes selalu muncul lebih dulu. Ia memiliki manajemen klien yang dianggap sebagai terbaik dalam bisnis sepakbola.

Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, Radamel Falcao, Angel Di Maria, José Mourinho (pelatih) dan Joao Cancelo, nama-nama tersebut menjadikannya sebagai agen terbaik di dunia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: