Forgot Password Register

Headlines

Militer Sri Lanka Klaim Ancaman Militan Berhasil Dicegah Pasca Teror

Militer Sri Lanka Klaim Ancaman Militan Berhasil Dicegah Pasca Teror Petugas keamanan berjaga di depan lokasi ledakan bom gereja St. Anthony's Shrine di Kolombo, Sri Lanka. (Foto: Reuters/Dinuka Liyanawatte)

Pantau.com - Komandan tentara Sri Lanka Mahesh Senanayake mengatakan, ancaman serangan militan garis keras berhasil dicegah dan dinas keamanan telah membongkar sebagian besar jaringan yang terkait dengan pengeboman Minggu Paskah.

Saat wawancara dengan Reuters pada Jumat, 10 Mei 2019, Senanayake mengungkapkan para penyelidik telah menetapkan bahwa komplotan tersebut berafiliasi dengan ISIS. Ia menambahkan bahwa pihak berwenang sedang berupaya untuk menentukan seberapa dalam hubungan tersebut.

"Jaringan internasional terlibat, sehingga kami sedang menyelidiki alurnya" kata Senanayake.

Baca juga: Presiden Sri Lanka Klaim Negaranya Aman Dikunjungi Pasca Teror Bom

"Yang pasti itu adalah jaringan ISIS. Bukan berarti bahwa itu serangan ISIS langsung. Namun kami sedang berupaya menentukan seberapa dalam untuk merencanakan operasi (militer) kami," tambahnya.

Kepala militer mengatakan dirinya berharap negara kembali normal dalam beberapa hari ke depan. Pihaknya juga menginginkan agar militer kembali ke barak mereka.

Sebelumnya, Kepolisian Sri Lanka menemukan sebuah kamp seluas 10 hektare di timur Kota Kattankudy, di mana militan Islamis yang terkait dengan serangan Minggu Paskah diyakini telah berlatih menembak dan merakit bom di tempat tersebut.

Baca juga: Polisi Temukan Kamp yang Diduga Markas Pelatihan ISIS di Sri Lanka

Di dalam kamp yang terletak dekat dengan Batticola, Sri Lanka, terdapat menara pengawas bertingkat empat, kandang ayam, dan kandang kambing.

"Mereka ingin menunjukan bahwa tempat ini berjalan dengan normal. Jika seseorang datang untuk melihat, akan tampak seperti sebuah peternakan. Namun, yang mereka kejakan adalah aksi teorisme di dalamnya," kata seorang perwira polisi senior.

Pada awal pekan ini, Presiden  Sri Lanka Maithripala Sirisena menegaskan para perwakilan negara asing bahwa keamanan nasional di negara yang terletak di Asia Selatan itu dipastikan sudah aman.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More