Forgot Password Register

Mitos atau Fakta, Serangan Jantung Bisa Dihentikan dengan Batuk?

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Serangan jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa dengan seketika meregang nyawa. Tapi apakah kamu pernah mendengar jika membuat batuk diri seseorang bisa membantunya menyelamatkan diri dari serangan jantung?

Baca juga: Obat Kanker Payudara 'Trastuzumab Subkutan' Lebih Efektif Daripada 'Trastuzumab Intravena'

Kadang-kadang, serangan jantung salah satu komplikasinya aritmia-gangguan irama jantung. Batuk bisa merangsang refleks detak jantung normal lagi. Tetapi keberhasilannya rendah," kata spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSPI Puri Indah, dr, Johan Winata, Sp.JP (K), FIHA.

Namun menurut Johan, ketika kamu menyadari orang disekitar kamu mengalami serangan jantung. sebaiknya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Ada serangan langsung bawa ke rumah sakit. Lebih baik kita mengira ini penyakit jantung walau ternyata bukan. Sebaiknya cegah diri agar jangan sampai sakit jantung," ujarnya.

Baca juga: Makan Ikan Tingkatkan Jumlah Kolesterol?

Serangan jantung biasanya diawali dengan gejala sperti keringan dingin, mual, muntah dan pucat.

"Kena serangan, nyeri dada 15 menit berhenti. Kurang dari tiga jam beri obat agar efeknya minimal, tidak menjadi gagal jantung, risiko kematian lebih rendah," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More