Pantau Flash
Pemerintah Iran Keluarkan Larangan Perjalanan ke AS
Polusi Udara di Sydney Semakin Memburuk, Tujuh Kali di Atas Tingkat Bahaya
Nadiem Kembalikan USBN pada Esensi Sistem Pendidikan Nasional
Tim Panahan Fokus Olimpiade 2020 Tokyo Seusai SEA Games 2019
Kemendikbud Sebut UN Akan Diganti Sistem Penalaran

MRT akan Gunakan Energi Terbarukan, Dirut: Sekarang dengan PLN

Headline
MRT akan Gunakan Energi Terbarukan, Dirut: Sekarang dengan PLN MRT Jakarta (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadila)

Pantau.com - PT MRT Jakarta berencana untuk menggunakan energi baru terbarukan dalam rangka berkontribusi untuk mengurangi emisi di Indonesia pada pembangunan MRT fase berikutnya.

"Jadi untuk fase dua dan fase-fase selanjutnya secara serius MRT Jakarta sedang merencanakan penggunaan energi bersih dan terbarukan," kata William Sabandar, Direktur Utama PT MRT Jakarta di Stasiun MRT Grab Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Ia mengatakan bahwa rencana tersebut merupakan salah satu mimpinya untuk membawa MRT Jakarta bisa berkontribusi terhadap upaya pengurangan emisi secara signifikan, mengingat mayoritas emisi yang ada di perkotaan berasal dari transportasi.

Baca juga: Jonan Sebut Bali Wilayah Dengan Energi Terbarukan Paling Maju

"Suatu saat saya ingin melihat MRT memakai energi bersih, baru dan terbarukan, karena kalau sekarang kan dengan PLN walaupun pakai listrik tapi sumbernya datang dari batu bara," ujar William Sabandar.

Ia menjelaskan energi bersih merupakan energi yang bisa berasal dari gas dan sebagainya, sedangkan energi baru terbarukan adalah energi yang berasal dari matahari, angin, air, serta sumber lainnya.

"Kami minta sumber-sumber MRT berikutnya itu adalah energi baru dan bersih," ujar William Sabandar .

Baca juga: Revolusi 4.0 Ciptakan Lowongan Pekerjaan Baru di Sektor Energi

Ia menuturkan dalam mempersiapkan rencana tersebut pihaknya sekarang sedang mengkaji secara mendalam terkait berbagai langkah yang akan diambil sebelum benar-benar mengalihkan dari energi listrik ke energi terbarukan.

"Kami mencoba melihat inisiatif-inisiatif pengurangan emisi salah satunya termasuk energi seperti apa yang akan kami dorong selanjutnya," katanya.

William mengatakan PT MRT Jakarta sangat terbuka bagi berbagai pihak yang berniat menjalin kerja sama dalam rangka mewujudkan hal tersebut. Salah satu pihak yang telah bekerja sama adalah Yayasan WWF Indonesia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: