Forgot Password Register

Nikki Haley Mundur sebagai Duta AS untuk PBB

Nikki Haley Mundur sebagai Duta AS untuk PBB Nikky Haley dan Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Nikki Haley pada Selasa (9 Oktober 2018) mengumumkan bahwa dirinya mengundurkan sebagai duta besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Saat itu juga ia membatah tudingan yang menyatakan bahwa dirinya tengah mempersiapkan menghadapi Trump dalam pemilihan AS 2020 mendatang.

Dalam surat pengunduran diri yang disampaikannya kepada Trump, Haley mengatakan bahwa dirinya tidak akan maju dalam pencalonan pada 2020 dan akan mendukung Trump untuk terpilih kembali.

Baca juga: Kim Jong Un Minta Paus Fransiskus Berkunjung ke Korea Utara

"Tidak, saya tidak akan mencalonkan diri untuk 2020," katanya kepada para wartawan di Kantor Oval.

Haley mengatakan belum menentukan rencana untuk masa depan. Ia tidak memberikan alasan atas pengunduran dirinya yang mengejutkan.

Namun, Trump mengatakan bahwa Haley telah mengatakan kepadanya enam bulan lalu bahwa duta besar untuk PBB itu sedang mempertimbangkan mundur pada akhir tahun "untuk sedikit beristirahat." Kenaikan popularitas Haley yang cepat, dari parlemen negara bagian ke tingkat dunia, menunjukkan bahwa perempuan berusia 46 tahun itu kemungkinan memiliki ambisi politik yang lebih besar.

Haley selama ini menjadi wajah kebijakan yang diusung Trump, "America First", di PBB. Ia mengarahkan penarikan AS dari beberapa progaram PBB serta dengan tekun membela kebijakan-kebijakan garis keras Trump terhadap Iran dan Korea Utara menyangkut program nuklir negara-negara itu.

Baca juga: Bahas Kriminal di Chicago, Kanye West Bakal Temui Donald Trump Kamis Depan

Senator Robert Menendez, pemimpin fraksi Partai Demokrat di Komite Hubungan Internasional Senat AS, melihat pengunduran diri Haley itu sebagai "tanda kekacauan lainnya pada kebijakan luar negeri Pemerintahan Trump." Haley merupakan sosok penting berikutnya yang meninggalkan pemerintahan Trump setelah menteri luar negeri Rex Tillerson dan kepala pembuat strategi, Steve Bannon.

Trump telah menerima pengunduran diri Haley dan mengatakan ia akan menunjuk pengganti dalam waktu dua atau tingga minggu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More