Pantau Flash
Rp54 Juta dan 2.600 Dolar AS Disita KPK dari Rumdin Bupati Lampung Utara
Pasca Diserang, Raja Salman Sepakat Tambah Pasukan Militer AS
Juarai F1 GP Jepang, Bottas Antar Mercedes Kunci Gelar Juara Konstruktor
7 Paus Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Nusa Tenggara Timur
Tampil Lawan Norwegia Semalam, Sergio Ramos Pecahkan Rekor Lampaui Casillas

Pakistan Uji Coba 'Senjata Pintar' di Tengah Ketegangan dengan India

Pakistan Uji Coba 'Senjata Pintar' di Tengah Ketegangan dengan India Air Force JF-17 Pakistan. (Foto: Reuters/Mian Khursheed)

Pantau.com - Angkatan Udara Pakistan telah berhasil menguji coba rudal jarak jauh terbaru, yang disebut sebagai "senjata pintar." 

Melansir RT, Rabu (13/3/2019), senjata itu merupakan pengembangan rudal JF-17 milik jet tempur multirole China-Pakistan. Angkatan Udara Pakistan menjelaskan, kendati secara fisik sama, namun, saat ini jangkauan rudal lebih jauh.

Sebuah video pendek telah dirilis, yang memperlihatkan sebuah jet tempur mengerahkan rudal ke lokasi yang telah ditetapkan sebagai bagian dari uji coba.

Baca juga: Perang dengan Pakistan, PM India Langsung Ditelepon Presiden Erdogan

Pengembangan dan pengujian senjata baru yang sukses telah dipuji oleh Kepala Staf Udara, Mujahid Anwar Khan, yang memuji para insinyur dan ilmuwan negara atas pencapaian ini.

"Pakistan adalah negara yang cinta damai tetapi jika menjadi sasaran agresi oleh musuh, kami akan menanggapi dengan kekuatan penuh," pejabat itu memperingatkan.

Baca juga: Sempat Mereda, Wilayah Sengketa Kashmir Kembali Panas

Tes itu dilakukan di tengah-tengah perselisihan antara Pakistan dan India, yang berlanjut antara kedua negara yang memiliki senjata nuklir sejak akhir Februari. Gejolak itu dipicu oleh pemboman bunuh diri mematikan di bagian India di wilayah Kashmir, yang menewaskan sekitar 40 polisi paramiliter.

Serangan itu diklaim oleh kelompok militan yang bermarkas di Pakistan, mendorong India untuk melakukan serangan udara lintas perbatasan di kamp-kamp militan. Pakistan merespons operasi New Delhi dengan menembaki dan membom sasaran di India.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: