Pantau Flash
Lurah Jelambar Dibebastiugaskan Gegara Suruh Pegawai Honorer Masuk Got
Wiranto Tak Diundang dalam Munas Hanura
Anies Baswedan hingga James Riady Masuk Jadi Anggota Satgas Omnibus Law
Jokowi Ingin Turunkan Angka Stunting di Indonesia Jadi 14 Persen
BPS: Neraca Perdagangan November 2019 Defisit 1,33 Miliar Dolar AS

Pelatnas Jelang SEA Games Belum Dimulai, PB ISSI Akui Banyak Event

Pelatnas Jelang SEA Games Belum Dimulai, PB ISSI Akui Banyak Event Turnamen balap sepeda, Asian Track Championships 2019. (Foto: Pantau.com/ Reza Saputra)

Pantau.com - Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) memang belum memulai pemusatan latihan (Pelatnas) untuk mempersiapkan diri di SEA Games 2019. Namun, mereka tetap terus belatih untuk mengikuti event-event kejuaraan dalam waktu dekat untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti diketahui belum lama ini PB ISSI mengirimkan wakil ke kejuaraan Asian BMX Cycling Championship (ACC) 2019 yang berlangsung di Sirkuit Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia, 13-14 April 2019 lalu, meski hasilnya kurang memuaskan.

Bukan hanya itu, ada beberapa ajang juga yang diikuti diantaranya UCI World Track Championship 2019 di Polandia. Bahkan saat ini Elga dan kawan-kawan dipastikan turun di kejuaraan Taiwan Cup Track International Clasic I & II pada 18-20 Mei 2019.

Baca Juga: Tim Balap Sepeda Fokus Kumpulkan Poin Demi ke Olimpiade 2020

Pelatih Kepala, Dadang Haris Poernomo, mengatakan pelatnas resmi belum dimulai hingga saat ini. Namun untuk kesiapan, ia percaya semua sudah dipersiapkan dengan matang dan bagus.

"Kita mempersiapkan yang sebaik-baiknya. Latihan tetap kita lakukan walaupun pelatnas belum dimulai. Yang terpenting beberapa anak, tidak semua. Pelatnas tetap jalan walaupun pelatnas resmi belum MoU. Kita tetap latihan dan sentralisasi di Jakarta," ujar Dadang saat dihubungi Pantau.com, Rabu (15/5/2019).

Sementara pada kejuaraan Taiwan Cup Track International Clasic I & II yang akan diikuti oleh Elga Kharisma Novanda, Crismonita Dwi Putri dan Ayustina Delia Priatna, Dadang menginginkan menurunkan tim putra dan putri. Sayang karena ada peraturan jumlah peserta, PB ISSI hanya mengirimkan tim putri.

Baca Juga: PB ISSI Setuju Turunkan Atlet Pelapis di SEA Games 2019


"Awalnya mau berangkatin semua. Tapi kalau melihat peserta putra nggak terlalu banyak jadi dibatalkan. Di peraturan UCI jumlah peserta setiap event, negara dan nomor ada ketentuan," tambahnya.

"Contoh sprint minimal negara peserta lima, pembalap 10 baru dapat poin. Kalau tidak melewati itu, nomor tsb tidak dapat point. Akhirnya diputuskan untuk berangkatkan putri saja," tuntas Dadang.



Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait: