Forgot Password Register

Pengacara Ratna Sarumpaet Akui Kliennya Kenal dengan Tersangka Penipuan 'Uang Raja'

Pengacara Ratna Sarumpaet Akui Kliennya Kenal dengan Tersangka Penipuan 'Uang Raja' Pengacara Ratna Insank Nasrudin di Polda Metro (Foto: Pantau.com/Rizky Aditya)

Pantau.com - Aktivis yang juga tersangka kasus penyebaran berita bohong atau hoax, Ratna Sarumpaet telah terperdaya oleh sindikat penipu yang bermodus pencarian dana raja-raja senilai Rp23 Triliun. Namun, belakangan diketahui bahwa salah satu pelaku berinisial D merupakan sosok yang telah dikenal cukup lama oleh wanita 70 tahun itu.

Kuasa hukun Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin mengatakan sosok D dan kliennya itu sudah saling mengenal sejak beberapa bulan lalu. Hubungan antar keduanya pun sebatas rekan bisnis.

"Mereka itu kalo ga salah, mereka sudah 3 bulan (saling kenal). D ini kenal ibu RS," ucap Insank saat dikonfirmasi, Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Pengacara Ratna Sarumpaet Bantah Kliennya Menjadi Korban Penipuan, Ini Penjelasannya

Dari perkenalan itulah, kata Insank, tersangka D mulai memperdaya kliennya dengan rayuan mautnya. Dengan menyebut memiliki dana senilai 23 Triliun yang dapat dicairkan, tersangka D mulai berkomunikasi dengan Ratna Sarumpaet.

Sehingga dengan modus uang yang nominalnya cukup fantastis itu, lanjut Insank, tersangka D mulai meminjam uang kepada kliennya dengan alasan dana operasional pencairan.

Bahkan, dalam perbincangan Ratna dengan tersangka D, kata Insank, kliennya itu dijanjikan uang yang berlipat ganda dari nominal uang pinjaman itu.

"Kalau dalam rangka pencairan itu ya terpengaruh juga lah ibu RS, kalau ini sampai cair kan luar biasa nilainya. Makanya, dia (RS) berikan pinjaman itu (Rp50juta) statusnya kan pinjaman," papar Insank.

Lebih lanjut, Insank menegaskan bahwa dana raja-raja senilai Rp23 Triliun yang disebut oleh tersangka, merupakan hal fiktif atau tidak ada sama sekali lantaran hal itu hanya merupakan modus penipuan yang dilakukan tersangka.

"Tidak ada itu, itu cuma cerita yang diatur sedemikian rupa untuk mengelabuhi korbannya dan juga ibu RS," singkat Insank.

Baca juga: Pengacara Ratna Sarumpaet Ungkap Alasan Kliennya Beri Rp50 juta ke Pelaku Penipuan

Diberitakan sebelumnya, polisi berhasil membongkar kasus penipuan atau penggelapan uang sebesar Rp 23 triliun yang mana salah satu korbannya adalah Ratna Sarumpaet.

Ratna diketahui sempat menyerahkan uang sebesar Rp50 juta pada para pelaku lantaran tergiur dengan janji pelaku yang mampu mencairkan uang milik raja-raja Indonesia yang tersimpan di dua bank, yakni Bank Singapura dan World Bank.

Setidaknya ada empat orang yang diciduk dalam kasus ini. Mereka adalah HR (39), DS (55), AS (58)dan RM (52).



Share :
Komentar :

Terkait

Read More