Forgot Password Register

Penting! Ini Cara Membedakan Es Batu Berbahan Air Matang dan Air Mentah

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Minum minuman dingin ketika cuaca panas dan terik memang sangat nikmat. Haus dahaga hilang dan tenggorokan pun terasa segar karena dinginnya air minum. Namun jika ingin minum-minuman dingin saat berada diluar rumah, kamu juga harus memperhatikan kebersihan dari es batu tersebut. Hal ini dikarenakan saat ini banyak pedagang es batu dipasaran, yang membuat memakai bahannya menggunakan air mentah demi menekan biaya pembuatan.

Mengkonsumsi es batu yang berasal dari air mentah dan kotor, bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Untuk mencegah dampak buruk tersebut, kamu bisa mengenali perbedaan es batu yang berasal dari air matang dan mentah.

Baca juga: 5 Pilihan Menu Praktis dan Sehat untuk Sahur di Bulan Puasa

1. Es batu yang terbuat dari air matang

Es batu akan terlihat cenderung bening, biasanya disebut sebagai es kristal atau ice cube dan sedikit bergelembung. Ini terjadi dikarenakan gas yang terdapat dalam air terlepas atau menguap saat proses perebusan. Jadi, tidak ada lagi, kuman atau kotoran yang berwujud gas menempel pada air hasil rebuasan. Namun, tidak semua air rebusan bisa bening ketika dijadikan es batu, tergantung cara dan kondisi air yang bagus untuk menghasilkan es kristal yang memiliki tekstur bening.

Saat ini sudah banyak dijual di pasaran jenis es batu kristal atau ice cube yang memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang. Es ini sangat aman dikonsumsi, namun yang harus diperhatikan adalah cara dan alat yang digunakan harus benar-benar steril.

2. Es batu yang terbuat dari air mentah

Umumnya es batu yang terbuat dari air mentah, warnanya akan terlihat berwarna putih seperti salju (tidak bening) dan terdapat gelembung-gelembung pada es tersebut. Hal ini dikarenakan masih banyak gas yang terlarut berada di dalamnya karena tidak melalui proses perebusan terlebih dahulu. Oleh karena itu kuman dan bakteri dalam es batu air mentah tidak akan mati.

Es batu yang diproduksi dengan pada tempat yang kurang higienis mengandung bakteri jahat yang akan berdampak pada kesehatan terutama pada pencernaan. Bakteri ini belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Proses pembekuan umumnya tidak bisa mematikan bakteri-bakteri yang terkandung di dalamnya. Maka ketika es yang mengandung bakteri tersebut larut ke dalam minuman yang kita minum, sama artinya kita menuangkan air mentah ke dalam minuman kita.

Baca juga: Aturan Mengkonsumsi Nanas Bagi Ibu Hamil

Meski kelihatannya aman-aman saja, namun setelah ditelisik lebih jauh, es batu menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan, terutama yang dibuat dari air mentah dan yang diolah sembarangan sangat berbahaya. Bahayanya bakteri ini bagi tubuh adalah selain dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius seperti diare ataupun muntaber, juga merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil yang sistem imun tubuhnya masih lemah.

Oleh karena itu sebaiknya kamu hindari untuk membeli minuman dingin di luar rumah. Jika ingin lebih aman, buatlah sendiri es batu untuk kamu konsumsi, agar kamu bisa yakin 100% bahwa es batu tersebut higienis dan aman dari ancaman bakteri jahat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More