Pantau Flash
Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan Pertama di St Christopher dan Navis
Kapten Persija Akui Perubahan Pelatih Pengaruhi Performa Tim
Ada UU Pangan, Pengusaha Tekstil Pertanyakan Kapan Kemunculan UU Sandang
Di Tengah Krisis Boeing, Airbus Malah Tingkatkan Kerja Sama di China
Lebanon Bebaskan Satu Orang yang Dituduh Ingin Ledakkan Bandara Sydney

Presiden Joko Widodo Terima Kedatangan Siti Aisyah di Istana Merdeka

Headline
Presiden Joko Widodo Terima Kedatangan Siti Aisyah di Istana Merdeka Presiden Jokowi betemu Siti Aisyah (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo menerima kedatangan Siti Aisyah, TKI yang dituduh sebagai pembunuh Kim Jong Nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un.

Siti diterima Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (12/3/2019) siang. Ia disambut Presiden di ruang kredensia sekitar pukul 14.20 WIB.

Dalam pertemuan itu, Siti didampingi oleh kerabat keluarga.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Pembebasan Siti Aisyah Keberhasilan Lobi Pemerintah

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut hadir dalam pertemuan tersebut. 

TKI asal Banten itu mendapatkan bebas tidak murni dari pemerintah Malaysia dan telah tiba di Tanah Air pada Senin, 11 Maret 2019.

Pemerintah Indonesia telah berkoordinasi dengan pemerintah Malaysia, melalui Jaksa Agung Malaysia, dengan memberikan tiga alasan untuk membebaskan Siti Aisyah.

Baca juga: Kenapa Siti Aisyah Tidak Bebas Murni? Ini Kata Kemlu

Pertama, Siti meyakini perbuatan yang dilakukannya bertujuan untuk kepentingan acara reality show sehingga tidak ada niat untuk membunuh Kim Jong-nam.

Kedua, Siti tidak menyadari telah dikelabui oleh intelijen Korea Utara, serta alasan ketiga bahwa TKI asal Banten itu tidak mendapatkan keuntungan apapun dari perbuatannya.

Siti sebelumnya didakwa melakukan pembunuhan kepada kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, pada 13 Februari 2017 di Malaysia.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: