Pantau Flash
The Fed Turukan Suku Bunga, Rupiah Diprediksi Menguat
BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Wilayah Perairan Indonesia
PBNU Ikut Komentar Soal Kenaikan Cukai Rokok Berdampak ke Petani Tembakau
PKB Pastikan Beri Bantuan Hukum untuk Imam Nahrawi
Indonesia Hancurkan Kepulauan Mariana Utara 15-1

Puluhan Kotak Suara Pemilu di NTT Rusak

Headline
Puluhan Kotak Suara Pemilu di NTT Rusak Contoh kotak suara berbahan karton (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT menyebutkan sebanyak 46 kotak suara yang diterima mengalami kerusakan saat diperiksa. Selain puluhan kotak suara yang rusak, KPU NTT juga menerima empat botol tinta yang diterima dalam kondisi rusak.

"Ada 46 kotak suara yang dikirim ke kami dan ternyata alami kerusakan," kata Sekretaris KPU NTT Ubaldus Gogi kepada wartawan di Kupang, Jumat (4/1/2018).

Baca juga: SBY Batal Beri Masukan Debat untuk Prabowo-Sandi, Kenapa?

Selain sejumlah logistik itu yang ditemukan rusak, pihaknya juga mengeluhkan masih adanya kekurangan sebanyak 155.942 logistik Pemilu 2019.

"Kami juga alami kekurangan sejumlah logistik di antaranya seperti kotak suara, tinta, segel, bilik suara, sampul, dan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS)," tambahnya.

Dari hasil pengecekan sementara, terdapat 42 kotak suara yang rusak, di antaranya tiga kotak suara di KPU Malaka, 38 kotak suara di KPU Ende, dan satu kotak suara di KPU Sikka.

Baca juga: Kotak Suara dari Kardus, Fahri: Jangankan Kardus, Koper Bisa Berantakan Kalau Medan Sulit

Kekurangan terbanyak terdapat pada segel sebanyak 50.804 buah, masing-masing KPU Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 21.355 buah serta KPU Ende sebanyak 29.499 buah Sementara itu untuk bilik suara ditemukan juga kurang lebih 5.639 buah yang rusak di enam KPU kabupaten yakni Sumba Barat Daya, Sumba Timur, Manggarai, Manggarai Timur, dan Malaka, dan TTS.

"Kami sudah inventaris dan sudah dilaporkan ke KPU dan KPU akan segera menggantinya," tambah dia.

Sementara itu terkait menjaga keamanan kotak suara, kata dia, pihaknya sudah memastikan bahwa ruangan yang digunakan untuk menyimpan kota suara dalam kondisi aman, dan tidak ada masalah.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: