Forgot Password Register

Putra Khashoggi Bantah Adanya Penyelesaian dengan Pemerintah Saudi

Putra Khashoggi Bantah Adanya Penyelesaian dengan Pemerintah Saudi Salah Khashoggi, putra wartawan Saudi Jamal Khashoggi, memeluk seorang pria yang berbelasungkawa atas kematian ayahnya. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Putra sulung dari jurnalis Khashoggi menyangkal bahwa setiap 'penyelesaian diskusi' yang dilakukan dengan pemerintah Saudi, dalam sebuah pernyataan di akun Twitter, Rabu, 9 April 2019.

Awal bulan ini, The Washington Post melaporkan bahwa seorang sumber yang dekat dengan keluarga itu mengungkapkan pemerintah Saudi telah menyetujui pembayaran bulanan dengan nilai besar kepada keempat bersaudara Khashoggi, di samping itu Saudi juga dilaporkan menyediakan mereka rumah di kawasan Jeddah.

Dalam pernyataannya, Khashoggi yang menyebut Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebagai 'penjaga untuk semua orang Saudi', diyakini oleh banyak orang, bahkan CIA, telah mengesahkan pembunuhan wartawan itu.

Baca juga: Arab Saudi Berikan Rumah Mewah untuk Anak Jamal Khashoggi 

Salah satu putra wartawan Arab itu, Salah Khashoggi merupakan seorang pegawai bank yang tinggal di Jeddah. Semua anak Khashoggi merupakan anak dari pernikahan pertamanya yang disekolahkan di Amerika Serikat; dua telah menjadi warga negara AS.

Salah Khashoggi mengatakan setiap tindakan kebaikan dan kemurahan hati dari keluarga Kerajaan dengan 'moral yang tinggi' dinilai bukan pengakuan kesalahan atau skandal ayahnya, seperti dilansir Sputnik, Kamis (11/4/2019).

Salah Khashoggi juga menyangkal bahwa keluarganya memiliki juru bicara resmi, dan mengatakan tak seorang pun di luar keluarganya dapat membuat klaim yang kredibel tentang keluarga mereka.

Baca juga: AS Dinilai Masih Bungkam Pasca 6 Bulan Kematian Jamal Khashoggi

11 orang tersangka ditetapkan Jaksa Saudi telah didakwa pembunuhan Jamal Khashoggi, saat ini tengah menunggu sidang lanjutan di Riyadh. Jika terbukti bersalah, setidaknya lima tersangka akan menghadapi hukuman mati.

Jamal Khashoggi tewas terbunuh di dalam gedung Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Ia memasuki konsulat untuk mengambil dokumen yang terkait pernikahan keduanya.

Pemerintah Saudi awalnya menyangkal keterlibatan apapun dalam kematian wartawan itu, namun kemudia mengungkapkan bahwa Khashoggi telah dibunuh dalam 'operasi nakal'.  Kantor Jaksa Penuntut Umum Saudi kemudian mengatakan bahwa pembunuhan itu direncanakan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More