Forgot Password Register

Headlines

Ragu Listrik Enggak Naik di Tahun 2019? Baca Penjelasannya Biar Yakin

Ragu Listrik Enggak Naik di Tahun 2019? Baca Penjelasannya Biar Yakin Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Pemerintah berulang kali memberikan pernyataan tak akan menaikkan tarif listrik hingga tahun 2019 ini.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Sommeng mengungkapkan ada beberapa hal yang bisa menahan kenaikkan harga listrik tahun ini. 

Pengaruh yang cukup signifikan yakni berasal dari penurunan harga minyak dunia. Penurunan yang terjadi sejak November 2018. Meski teurw bergerak fluktuatif, namun kini sudah berada di level USD 60 dollar jauh dari harga sebelumnya yang mencapai USD 80 dollar.

Baca juga: Orang Terkaya di Dunia Jeff Bezos Bercerai, Ada Pembagian Harta Gono Gini?

"Tiga bulan terakhir crude (minyak mentah) turun terus. Brent Crude USD 60, ICP paling USD 54 atau USD 52 per barel. Dibandingkan PLN itu khawatir saat harga minyak USD 80, ICP USD 72. Jadi sekarang masih okelah," ujarnya dalam acara pemaparan kinerja Ketenagalistrikan, di kantornya, Jl Rasuna Said, Jakarta, Kamis (10/1/2019)

Selain itu, tren mata uang rupiah terhadap Dollar AS juga sudah mengalami penguatan. Saat ini, karena rupiah sudah kembali telah kembali ke level Rp 14 ribu. Sehingga kebijakan untuk tak menaikkan harga tarif listrik dapat terealisasi.

Baca juga: Jonan 'Sentil' Daerah ber-APBD Tinggi untuk Bantu Sambung Listrik Rakyat

Kemudian kata dia, harga batu bara juga masih terikat kebijakan pematokan harga murah untuk kebutuhan domestik atau Domestic Market Obligation (DMO).

Sejak ditetapkan awal 2018, DMO batu bara dipatok dengan  harga tertinggi yakni USD 70 per ton. "Baru selesai cap harga batu bara yang USD 70 per ton. Jadi mungkin cap itu cukup baik dan buat bernafas PLN," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More