Pantau Flash
Pemerintah Pastikan Omnibus Law Tidak Akan Berdampak Upah Minimum Berkurang
Indonesia Kirim Lima Wakil ke Semifinal Indonesia Master 2020
Menko Luhut Sebut Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kilogram Demi Efisiensi
Pemprov DKI Akan Terbitkan Peraturan Terkait Izin PKL Berdagang di Trotoar
Soal RUU Omnibus Law, F-PPP: Jangan Hanya Memikirkan Aspek Investasi!

Rest Area di Tol Cipali Diprediksi Padat Setelah Tol Layang Japek Dibuka

Rest Area di Tol Cipali Diprediksi Padat Setelah Tol Layang Japek Dibuka Pusat kontrol CCTV jalan Tol Cipali. (Foto: Antara/Ali Khumaini)

Pantau.com - Sejumlah rest area jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diprediksi akan padat pada musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 menyusul dibukanya jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

"Dengan dioperasikannya jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, akan terjadi kepadatan di rest area di Tol Cipali," kata CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono, saat konferensi pers menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Subang, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Waskita Bantah Kabar di Medsos yang Sebut Tol Layang Japek Meliuk-liuk

Atas hal tersebut pihaknya siap melakukan antisipasi, di antaranya berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Bahkan jika memungkinkan diterapkan sistem lawan arah.

"Kami mengimbau pengguna Tol Cipali tidak berlama-lama di rest area. Jadi bisa bergantian dengan pengguna tol yang lain," kata dia.

Di Tol Cipali dari arah Jakarta ke Cirebon, tersedia rest area tipe A di kilometer 102 dan kilometer 166 serta rest area tipe B di kilometer 86 dan kilometer 130.

Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya Agung Prasetyo memprediksi pada musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 volume kendaraan diprediksi akan mengalami peningkatan.

Tetapi, kata dia, peningkatannya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada musim libur Lebaran.

Baca juga: Diresmikan Presiden Jokowi, Tol Layang Japek Gratis Sampai Tahun Baru

Dikatakannya, arus lalu lintas harian rata-rata di Tol Cikopo-Palimanan pada libur kali ini diprediksi mencapai 85 ribuan kendaraan per hari atau naik 9,6 persen dibanding libur Natal dan Tahun Baru pada tahun sebelumnya.

Untuk puncak arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru 2020 diperkirakan akan terjadi pada 21 Desember 2019. Sedangkan puncak arus balik diprediksi pada 1 Januari 2019.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Nasional

Berita Terkait: