Forgot Password Register

5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Saat Minum Obat

Obat (Foto: Pixabay) Obat (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Saat seseorang mengalami sakit yang cukup berat maupun ringan seperti pusing atau keseleo, pasti pernah menderita symptom yang membuatnya harus meminum obat.

Meski obat merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan badan dari sakit, tetapi untuk meminumnya banyak aturan yang harus diperhatikan. Selain aturan yang tertera dalam kemasan, ternyata ada pula beberapa hal yang harus diketahui saat hendak mengonsumsi obat.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini 5 hal yang sebaiknya dilakukan ketika ingin minum obat.

1. Gunakan air saat minum obat

Meminum obat dengan air minum tidak hanya penting karena dapat mempermudah dalam menelan, tetapi juga mencegah obat tersebut tersangkut di esophagus. Obat yang tersangkut di esophagus dapat menyebabkan inflamasi dan iritasi serta menimbulkan sejumlah symptom mulai dari mulas, nyeri dada bahkan pendarahan dan lubang pada esophagus.

Baca juga: Aspirin Obat Pereda Sakit yang Bermanfaat untuk Kecantikan

2. Minum obat hanya dengan air putih

Agar obat yang pahit bisa tertelan, tak sedikit orang yang kemudian meminum obat dengan minuman berasa seperti teh, susu atau bahkan jus. Padahal, minum obat bersamaan dengan minuman atau makanan lain bisa menyebabkan adanya interaksi obat alias perubahan efek obat. Minum obat bersamaan dengan minuman tertentu juga bisa membuat kecepatan absorpsi di usus jadi lebih lambat.

Untuk itu, para dokter menyarankan untuk mengonsumsi obat dengan air putih saja. Ini karena air putih bersifat netral dan tak mengandung zat-zat lain yang dapat memengaruhi proses penyerapan obat.

3. Jangan langsung tidur

Begitu selesai minum obat, ada beberapa orang yang langsung tidur atau berbaring. Hal ini sebaiknya jangan dilakukan karena bisa menyebabkan obat berbalik dan luka di kerongkongan. Sebaiknya tunggu hingga 15-60 menit untuk memastikan bahwa obat yang diminum sudah masuk ke dalam lambung.

4. Jangan minum vitamin dan obat bersamaan

Terkadang orang mengonsumsi vitamin dan obat sekaligus agar tubuhnya tetap sehat. Tapi sebaiknya hal ini tidak dilakukan sembarangan, karena beberapa vitamin tidak boleh dicampur dengan obat tertentu. Jadi, sebaiknya jangan minum vitamin bersamaan dengan waktu minum obat, karena vitamin dan mineral bisa berinteraksi dengan beberapa obat.

Baca juga: 5 Makanan Berbahaya yang Bisa Mengancam Nyawa

5. Perhatikan interval waktu minum obat

Ini adalah hal penting tetapi seringnya diabaikan. Interval waktu minum obat disini maksudnya, jika obat diminta diminum 2x sehari, maka interval waktu yang tepat adalah 12 jam (24 jam dibagi 2x waktu). Jadi, jika obat diminum jam 8 pagi, waktu minum obat selanjutnya adalah jam 8 malam. Jika diminum 3x sehari maka intervalnya (24 jam dibagi 3x waktu) adalah 8 jam sekali.

Hal ini harus diperhatikan agar kadar obat dalam tubuh tetap berada dalam kisaran terapi, jika jarak waktu diantara minum obat lebih dekat dipastikan obat akan melebihi kisaran terapi, sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan timbulnya resiko efek samping obat.

Sebaliknya jika obat itu diminum dengan jarak waktu lebih jauh maka dipastikan obat yang berada di dalam tubuh berada di bawah kisaran terapi, sehingga efek yang diharapkan tidak maksimal atau bahkan tidak berefek.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More