Pantau Flash
Penyuap Romahurmuziy Dituntut 3 Tahun Penjara dan Ditolak Jadi JC
Beberkan Cairan Kimia, TPF Sebut Pelaku Tak Ada Niat Bunuh Novel Baswedan
Bentrok Warga Terjadi di Mesuji, Tiga Orang Dikabarkan Tewas
Melaju ke Babak Kedua, Della/Rizki Dibayangi Rekor Buruk
Keponakan Prabowo Cabut Gugatan, Mulan Jameela Lanjut Gugat Gerindra

Sebut Gejolak Perbatasan Meksiko sebagai Krisis, Trump Umumkan Keadaan Darurat Nasional?

Sebut Gejolak Perbatasan Meksiko sebagai Krisis, Trump Umumkan Keadaan Darurat Nasional? Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Joshua Roberts)

Pantau.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan, ia akan pergi ke perbatasan dengan Meksiko. Setelah mengisyaratkan pengumuman keadaan darurat nasional ketika pemerintah tutup karena pendanaan dinding perbatasan masih belum tuntas.

Melansir RT, melalui cuitannya di akun @RealDonaldTrump, ia menjelaskan soal krisis kemanusiaan dan keamanan nasional di perbatasan selatan Meksiko.

"Dengan senang hati saya memberi tahu Anda bahwa saya akan mengatasi bangsa pada krisis Kemanusiaan dan Keamanan Nasional di Perbatasan Selatan kami. Selasa malam pukul 21.00 waktu setempat," tulis Trump, yang dikutip Pantau.com, Rabu (9/1/2018).

Baca juga: Imbas Penutupan Pusat Pemerintahan AS, Sumpah Serapah Snoop Dogg Menggema

Sebelumnya Sekretaris media Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, Presiden akan mengunjungi perbatasan Meksiko pada hari Kamis mendatang. Dijadwalkan, Trump akan bertemu dengan migran caravan yang berada pada baris paling depan krisis di perbatasan tersebut. 

"Presiden Donald Trump akan melakukan perjalanan ke perbatasan selatan pada hari Kamis untuk bertemu dengan mereka yang berada di garis depan keamanan nasional dan krisis kemanusiaan. Rincian lebih lanjut akan segera diumumkan," kata dia.

Baca juga: Demi Tembok Perbatasan AS, Trump Ancam Berlakukan Darurat Nasional

Ungkapan krisis dalam kedua pengumuman tersebut telah memicu spekulasi bahwa Gedung Putih mungkin bergerak menuju deklarasi darurat nasional. Ini akan memungkinkan Trump untuk melewati Kongres dan menggunakan dana Pentagon untuk membangun tembpenghalang di sepanjang perbatasan dengan Meksiko.

Hingga kini, Trump memang belum membuat keputusan untuk mengumumkan keadaan darurat nasional. Namun, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan kepada wartawan, kantor penasihat Gedung Putih sedang melihat legalitas dari deklarasi tersebut bisa merangsang Demokrat untuk kembali berunding.

Seperempat dari pemerintah AS telah ditutup sejak 22 Desember lalu. Tak ayal, hal itu mempengaruhi sekitar 800.000 karyawan federal, karena Demokrat Kongres menolak untuk menyetujui pendanaan untuk dinding perbatasan.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: