Forgot Password Register

Selain Pembalut Wanita, Ini Alternatif Lain Para Pengguna Narkoba

Selain Pembalut Wanita, Ini Alternatif Lain Para Pengguna Narkoba Ilustrasi pembalut wanita (Foto: Pixabay)

Pantau.com - 'Zaman semakin edan' begitulah celetukan yang sering didengar saat terjadi fenomena yang membuat kita geleng-geleng kepala. Seperti yang baru-baru ini ramai diberitakan, air rebusan pembalut diminum agar mabuk.

Kandungan zat pada pembalut disebut memberikan efek nge-'fly' selayaknya menggunakan narkotika.

Tapi tahukah kamu, ternyata fenomena mencari zat pengganti narkoba telah ada sejak lama dan jadi rahasia umum di tengah masyarakat. Biasanya ini terjadi kepada mereka yang ingin melampiaskan stres dengan cara negatif, tapi tidak mampu membeli narkotika.

1. Lem aibon

Harum khas perekat yang biasanya digunakan untuk sepatu ini bagi sebagian orang mungkin bikin pusing. Tapi tidak bagi yang senang menghirupnya karena dianggap dapat membuat candu atau ketagihan. Saat dihirup, lem aibon akan memberikan efek nge-'fly', sama seperti usai mengonsumsi narkoba.

Biasanya si pengguna bisa menghirup langsung dari wadahnya, atau sering kali jika tidak ingin kentara, penggunanya menghirup dari balik kerah baju di bagian dada dekat leher yang telah dibubuhi lem Aibon, jadi dia sekedar menutupi hidung dengan baju itu.

Mirisnya ini sering ditemukan di pinggir jalan, atau dilakukan oleh anak jalanan. Padahal jika berkepanjangan efeknya akan sangat berbahaya jika terhirup oleh paru-paru, karena banyaknya zat kimia yang masuk.

2. Bensin dan minyak tanah

Perspektif rasa memang berbeda, ada yang saat mengisi bensin orang sering menutup hidungnya, ada pula yang sengaja mendekati sumber bensin itu. Yang senang dengan aroma bensin, menganggap bahwa bahan bakar tersebut memiliki aroma yang sedap untuk dihirup.

Baca juga: Hati-hati, Ternyata Tisu Toilet Bisa Membahayakan Organ Vitalmu

Sebenarnya, ini tidak mengandung candu. Tapi jika terlalu sering mencium aromanya, maka tidak baik untuk paru-paru atau paling bahaya dapat memicu kanker.

3. Cat tembok dan thinner (pembersih cat)

Pernah merasakan aroma menyengat saat pertama kali membuka kaleng cat atau thinner? Tapi bagi sebagian orang, aroma itu menyegarkan. Padahal jelas berbahaya karena kandungan bahan kimia yang tinggi, belum lagi kualitas rendah dari cat yang sering kali berbahaya bagi kulit.

4. Tinta bolpoin

Jika kamu termasuk anak kelahiran 90-an, pasti pernah mengalami masa-masa menggunakan bolpoin wangi yang sering dianggap sebagai narkoba karena wanginya yang harum dan buat kecanduan. 

Baca juga: Hati-hati, Cangkir Kantor Bisa Berbahaya bagi Karyawan

Lucu memang, tapi banyak anak zaman itu memakainya dan dibuat candu oleh wanginya. Namun ternyata tinta bolpoin itu benar-benar mengandung bahan berbahaya, benzana dan formaldehida (meramal atau formalin), dua zat yang sangat berbahaya dan dapat memicu kanker leukimia jika terhirup terlalu sering.

5. Air rebusan pembalut

Ini yang beberapa hari belakangan viral dan ramai dibicarakan setelah Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menemukan banyak anak di beberapa daerah, seperti Jawa Tengah, Karawang, Bekasi hingga Jakarta yang menggunakan air rebusan pembalut untuk bermabuk-mabukkan.

Kandungan pembalut selayaknya popok, terdapat zat polimer yang dapat menyerap keringat atau air, dan dianggap berbahaya jadi tidak diperbolehkan masuk ke dalam tubuh.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More