Pantau Flash
Varietas Anggur Baru Kementan Diberi Nama Jan Ethes SP1
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa

Sesibuk-sibuknya Ibu Rumah Tangga, Penting untuk Luangkan Waktu Me Time

Sesibuk-sibuknya Ibu Rumah Tangga, Penting untuk Luangkan Waktu Me Time Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mengambil waktu untuk sendiri atau me time sangat dianjurkan untuk seorang ibu. Setelah setiap hari selalu sibuk mengurus seluruh keperluan keluarga juga mengurus pekerjaan rumah, me time bisa membantu seorang ibu terhindar dari perasaan depresi. 

"Seorang ibu me time dalam bahasa psikologinya grounding atau membumikan diri. Kalau kita tidak sedang dalam keadaan grounded, emosi kita jadi tidak stabil, maka apa yang kita putuskan atau lakukan tidak melewati pertimbangan yang matang," kata psikologi keluarga dari Universitas Indonesia Anna Surti Ariani ditemui di Senayan, SCBD, Jakarta, Kamis (26/9/2019). 

Baca juga: 

Menurut Anna, me time merupakan waktu yang tepat bagi seorang ibu untuk menenangkan diri dari segala kesibukan pada keluarga.  

Baca juga: Jika Kamu Merasakan 5 Hal Ini, Sebaiknya Langsung 'Me Time'

"Ibaratnya kaya sungai dengan air yang keruh. Me time itu ketika keruhnya diendapkan dulu jadi bisa melihat dengan jernih dan melakukan sesuatu dengan penuh kesadaran," ucapnya.

Namun ia menyarankan bagi ibu yang masih memiliki anak balita agar memastikan keberadaan anaknya berada ditempat aman saat sedang me time. Hal itu agar tidak perlu merasa cemas memikirkan kondisi anak saat sedang betul-betul memanjakan diri sendiri. 

"Kalau kita me time dan anak masih kecil pastikan dia ditempat aman dan selamat," pungkasnya. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam