Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

Jika Kamu Merasakan 5 Hal Ini, Sebaiknya Langsung 'Me Time'

Jika Kamu Merasakan 5 Hal Ini, Sebaiknya Langsung 'Me Time' Ilustrasi 'Me Time'. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ada kalanya setiap orang jenuh dan stres mengahadapi rutinitas keseharian seperti bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah. Salah satu cara mengatasinya dengan melakukan 'me time' atau melakukan kegiatan yang disukai tanpa diganggu.

Tapi sebenarnya, kapan sih 'alarm' atau pengingat saat butuh melakukan 'me time'? Disebutkan Psikolog Anak dan Remaja Monica Sulistiawati, 'alarm' tersebut dapat dikenali dengan tanda sebagai berikut.

1. Berpikir negatif

Disebutkan Monica, jika bagi seorang ibu sumber masalahnya adalah anak, maka ia mudah berpikir negatif terhadap anak, atau bahkan berfikiran buruk kepada orang sekitar hingga pasangan

2. Mudah emosi

Jika sumber masalah adalah anak bagi ibu baru, biasanya si ibu akan mudah emosi ketika si anak tiba-tiba rewel memanggil dirinya.

"Misalnya si anak yang jadi sumber stresnya, ketemu anak enggak ngapa-ngapain 'apaan sih mami-mami terus'," jelas Monica di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

3. Serba salah 

Serba salah di sini disebutkan Monica, ibu mudah melakukan kesalahan karena sudah terlampau lelah badan dan fikiran.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Setelah Liburan Agar Terhindar dari Stres

"Yang tadinya dia sudah capek banget, dia sudah hopeless, sudah frustasi, dia jadi semangat lagi. Itu penting banget 'me time'," jelasnya.

4. Mudah lelah atau tak bisa tidur

Ini efek lain secara fisiologi yang ditunjukkan saat pikiran tidak tenang, maka jadwal istirahat tidaklah teratur seperti awal.

"Reaksi fisiologis biasanya mulai ada, biasanya yang tadinya batas waktu tidurnya standar, kemudian jadi gampang lelah, atau sebaliknya, malah enggak mau tidur sama sekali," tambahnya.

5. Asam lambung meningkat

Sudah terasa dan berefek pada kesehatan, karena beberapa ahli kesehatan juga menyebutkan bahwa stres dapat meningkatkan asam lambung. 

Baca juga: Stres Berlebihan Bisa Memicu Penyakit Mengerikan Loh

Padahal 'me time' tidak melulu membutuhkan waktu banyak asal dilakukan dengan tepat, yakni tidak memikirkan permasalahan yang ada. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti menonton film, mendengarkan musik atau membaca buku untuk mengalihkan perhatian dan fokus.

"Sudah mampu berpikir lebih positif, dan sudah siap untuk bertemu si anak. Ketika rasanya kita sudah cukup, ketika anak manggil bisa berpikir lebih tenang (menjawab) 'oh iya, kenapa sayang?'," tutupnya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Rifeni
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: