Forgot Password Register

Siapa Bilang Sarapan Nasi Bikin Gemuk

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam satu hari. Tidak hanya sarapan memberikan Anda dorongan energi untuk memulai hari baru, tapi juga terkait dengan begitu banyak manfaat kesehatan termasuk pengendalian berat badan.

Namun banyak orang yang menghindari makan nasi atau karbohidrat lainnya ketika sarapan pagi. Bahkan, ada yang sampai sengaja melewatkan sarapan. Sebagian besar alasannya adalah karena sedang diet. Tetapi, apakah tidak makan nasi saat sarapan bisa bikin berat badan turun?

Baca juga: Ini Manfat yang Bisa Kamu Rasakan Jika Sarapan Oatmeal Setiap Hari

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh agar berfungsi normal. Jika kamu membiarkan tubuh berpuasa karbohidrat semenjak pagi hari, apalagi setelah semalaman perut kosong, maka tubuh tidak akan mendapat energi untuk beraktivitas secara optimal.

Asupan kalori harian harus dibagi merata dalam 3 kali makan. Karena itu perlu dipilih variasi jenis karbohidrat terutama jika untuk kegiatan berbeda. Kemampuan tubuh mengolah karbohidrat berkurang di siang dan sore hari. 

Karena itu amat efisien jika mengonsumsi karbohidrat di padi hari daripada malam hari. Dengan demikian tubuh lebih efisien memakai makanan untuk energi. Berat badan pun cepat turun.

Untuk mencegah kelaparan saat diet, tubuh akan menghemat energi yang dipakai dengan cara mengurangi jumlah kalori yang dibakar. Tubuh akhirnya memilih untuk menggunakan energi dari otot sehingga massa otot pun turun. Akibatnya, metabolisme kamu ikut melambat.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik untuk Sarapan, Jus Jeruk atau Susu?

Jadi sebaiknya jangan menghindari makan nasi atau karbohidrat lainnya ketika sarapan, sebab tubuh kamu membutuhkannya untuk menghasilkan energi.

Untuk menambah kepekaan insulin dan kemampuan tubuh mengolah karbohidrat menjadi energi dan tidak menyimpan sebagai sel lemak, diperlukan olah raga.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More