Forgot Password Register

Suriah Klaim Berhasil Cegat Seluruh Rudal yang Ditembakkan Amerika Serikat

Suriah Klaim Berhasil Cegat Seluruh Rudal yang Ditembakkan Amerika Serikat Rudal Tomahawk. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pasukan pertahanan udara Suriah berhasil melucuti semua rudal yang ditembakkan koalisi internasional ke Pangkalan Udara Shayrat di Homs, Suriah Tengah.

Berdasarkan informasi dari Kantor Berita SANA, Pangkalan udara yang sama diserang oleh rudal AS tersebut berkaitan dengan dugaan penggunaan senjata kimia oleh militer Suriah di Provinsi Idlib 

Serangan paling akhir itu dilancarkan AS, Prancis dan Inggris tepat di daerah Douma. Sebelumnya, wilayah tersebut dikuasai gerilyawan dekat Damaskus.

Baca juga: Serangan AS ke Suriah Langgar Aturan PBB, Putin: Kacaukan Hubungan Internasional

Pemerintah Suriah dengan keras telah membantah tuduhan tersebut sebagai pemalsuan oleh gerilyawan dan negara Barat untuk membenarkan serangan militer terhadap Suriah.

Sebelum serangan oleh AS, pesawat tempur Israel telah menembakkan rudal ke Pangkalan Udara T-4 di pinggir timur Homs pada 9 April lalu, yang menewaskan 14 prajurit, termasuk petempur Iran.

Pada Sabtu 14 April 2018, Prague Castle atas nama Presiden Ceko Milos Zeman mengutuk serangan udara pimpinan AS terhadap Suriah.

Ketua Komite Urusan Luar Negeri Ceko Lubomir Zaoralek menggambarkan seluruh situasi tersebut sebagai pamer kekuatan militer tanpa rencana jangka-panjang dan masuk akal. Ia menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Suriah.

Baca juga: Pantau Foto: Unjuk Rasa di New York Protes Serangan AS ke Suriah

Share :
Komentar :

Terkait

Read More