Forgot Password Register

Survei Charta Politica: Prabowo Ungguli Jokowi Hanya di Banten

Survei Charta Politika (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi) Survei Charta Politika (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Hasil lembaga survei Charta Politika menyebutkan Prabowo Subianto unggul di Banten. Hal ini berbanding terbalik dengan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur yang justru memenangkan Joko Widodo.

"Pada pilihan secara head to head, tingkat elektabilitas Jokowi unggul di atas Prabowo. Hanya di Provinsi Banten Joko Widodo kalah oleh Prabowo Subianto, dengan elektabilitas Prabowo 28,5 persen, dan Jokowi 26,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di Harris Hotel, FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Baca juga: Ditanya Soal Koalisi Demokrat, AHY: Anything is Possible

Yunarto menjelaskan, hasil ini merupakan buntut dari tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi yang hanya berada di angka 37,1 persen. Sebagai seorang petahana, angka yang tidak mencapai 50 persen bagi seorang petahana cukup memprihatinkan.

"Di Banten tingkat kepuasan publik Jokowi, bahkan tidak mencapai 60 persen, maka akan berkolerasi terhadap elektabilitas incumbent," kata Yunarto.

Bahkan saat Jokowi dihadapkan langsung dengan Prabowo, hasilnya juga tidak jauh berbeda. Jokowi hanya mencapai angka 36,9 persen dan Prabowo unggul dengan suara 44,1 persen.

Angka ini berbanding lurus dengan angka yang didapat Partai Gerindra yang cukup besar yakni 20,6 persen, disusul Golkar 15,0 persen.

Baca juga: Golkar Pastikan Usung Airlangga Jadi Cawapres Jokowi

Sementara itu di Jawa Barat, Jokowi masih unggul dengan 38,8 persen-Prabowo 30,2 persen. Di Jawa Tengah Jokowi juga mendapat 53,1 persen, unggul telak atas Prabowo 7,7 persen, terakhir di Jawa Timur Jokowi juga masih unggul 47,7 persen-Prabowi 24,5 persen. 

Survei ini dilakukan dalam rentan periode 23 hingga 28 Mei 2018, dengan menggunakan sampel sebanyak 800 responden di Banten, Margin of Error (MoE) nya 3,46 persen. Jawa Barat gunakan 1200 responden MoE-nya sebesar 2,83 persen. Jawa Tengah gunakan 1200 responden MoE-nya 2,83 persen, dan di Jawa Timur gunakan 1200 responden MoE-nya 2,83 persen.

Adapun metodenya yakni multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More