Forgot Password Register

Survei Puspek Unair: Jokowi dan Prabowo Capres Impian Umat Muslim

Joko Widodo dan Prabowo Subianto (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi) Joko Widodo dan Prabowo Subianto (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya merilis nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto menempati posisi teratas calon pemimpin Indonesia yang dikehendaki masyarakat muslim.

"Kami menggelar survei untuk menakar persepsi masyarakat yang beragama Islam atau Muslim terhadap calon pemimpin Indonesia yang diinginkan dalam Pemilihan Presiden yang dijadwalkan berlangsung tahun depan," ujar Direktur Puspek Unair Novri Susanto kepada wartawan di Surabaya, Rabu (4/7/2018).

Baca juga: Rencana Pertemuan Sekjen Partai Pengusung Jokowi Bermula dari Grup WhatsApp

Survei berlangsung selama 6-22 Juni terhadap 1.200 responden muslim di 29 provinsi se-Indonesia. Novri menegaskan, margin error dari survei ini sebesar 2,8 persen.

"Seluruh responden yang kami survei menyatakan menginginkan kepemimpinan dalam Pemilihan Presiden 2019 yang mewakili masyarakat Islam," ujarnya. 

Puspek merangking hasil survei para tokoh yang dianggap merepresentasi masyarakat Islam yang dikehendaki para responden untuk menjadi Presiden Indonesia berdasarkan elektabilitasnya.

Joko Widodo menempati posisi pertama dengan 47,9 persen. Disusul Prabowo Subianto 30,1 persen, Gatot Nurmantyo 3,1 persen, Jusuf Kalla 1,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,2 persen, Anis Rasyid Baswedan 1,0 persen, Harry Tanoesoedibjo 1,0 persen, Mahfud MD 1,0 persen, dan Abdul Muhaimin Iskandar 0,6 persen.

Baca juga: Jokowi-Cak Imin Urutan Teratas di Pilpres 2019 Versi Survei Puspek

Dalam survei tersebut Puspek juga melakukan simulasi pemilihan pasangan calon presiden dan wakilnya. Dalam simulasi tersebut Joko Widodo unggul di 47,1 persen jika kembali dipasangkan dengan Jusuf Kalla, serta unggul 41,1 persen jika dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar.

Selain itu, simulasi pasangan Prabowo Subianto-Anies Rasyid Baswedan mendapatkan 33,6 persen, sementara jika dipasangkan dengan Zulkifli Hasan memperoleh 26,3 persen.

Sementara simulasi pasangan Gatot Nurmantyo-Agus Harimurti Yudhoyono memperoleh 4,0 persen, sedangkan jika dipasangkan dengan Anies Rasyid Baswedan memperoleh 6,4 persen.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More