Forgot Password Register

Tangani Kerugian Finansial, Indonesia Wajib Belajar dari Gempa Chile

Tangani Kerugian Finansial, Indonesia Wajib Belajar dari Gempa Chile Sebuah kursi berada diantara bangunan yang ambruk dampak gempa dan tsunami di kawasan Pantai Taipa, Palu Utara, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Pantau.com - Indonesia Menyerukan IMF, Bank Dunia untuk Mendesain Pembiayaan dan Asuransi untuk Korban Bencana

Pada agenda pertama Internasional Monetary Fund-World Bank, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan belajar sistem asuransi gempa beberapa negara.

Kasus gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu, Donggola dan Sigi menjadi catatan pemerintah untuk menyelesaikan masalah kerugian finansial.

"Saya sadar bahwa negara-negara Amerika Latin, seperti, Chili, Kolombia, Peru, Meksiko, mengeluarkan obligasi yang didukung oleh Bank Dunia untuk menghadapi kemungkinan bencana," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Jawaban Sri Mulyani Soal IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Jika berkaca pada kasus gempa Chili, Indonesia memang patut belajar dari negara tersebut. Tahun 2010, berdasarkan laporan dari kameramen Associated Press Television News, beberapa gedung di Santiago runtuh dan terjadi listrik padam disebagian besar kota.

Kebakaran dilaporkan terjadi di sebuah pabrik kimia di pinggiran kota Santiago yang mengharuskan adanya evakuasi untuk penduduk sekitar.

Bandar Udara Internasional Comodoro Arturo Merino Benítez mengalami kerusakan dan otoritas bandara membatalkan semua penerbangan selama 24 jam dari pukul 12:00 UTC.

Sebuah apartemen berlantai dua runtuh dan menimpa tempat parkir serta merusak 50 mobil. Berdasarkan laporan resmi petugas kesehatan, tiga rumah sakit di Santiago runtuh, dan lusinan rumah sakit di selatan kota mengalami kerusakan.

Baca juga: Ada Proyek Baru, Penandatanganan Kontrak Investasi untuk 21 Proyek Tunggu Jokowi

Runtuhan jalan tol Vespucio Norte di Santiago. Di Valparaíso, sebuah gelombang tsunami dengan ketinggian 1,29 m telah dilaporkan. Pelabuhan Valparaíso telah diperintahkan untuk ditutup disebabkan gempa Bumi. Pelabuhan kembali dibuka secara terbatas pada 28 Februari.

Di Vina del Mar, sebuah kota wisata dan bagian dari wilayah Valparaiso, beberapa bangunan mengalami kerusakan, terutama di distrik Plan de Viña.

Banyak kota di Maule mengalami dampak serius akibat gempa. Curanipe yang terletak hanya 8 km (5 mi) dari episentrum gempa, terkena tsunami setelah gempa dan tetap terisolasi dari dunia luar hingga 28 Februari.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More