Forgot Password Register

Terlalu Lama Gunakan Softlens Bisa Bikin Mata Buta

Terlalu Lama Gunakan Softlens Bisa Bikin Mata Buta Ilustrasi memakai softlens. (Foto: Pixabay)

Pantau.comSoftlens memang bisa menjadi solusi bagi orang memiliki masalah mata tapi enggan mengenakan kacamata. Soflens juga sering digunakan sebagai penunjang penampilan. Tapi sebaiknya, bagi pengguna softlens agar tahu aturan pakai serta risikonya.

Baca juga: Sejarah Panjang Operasi Mata Katarak dari Zaman ke Zaman

Kepala Klinik Utama Mata JEC @Bekasi, Dr.Nashrul Ihsan, SpM mengatakan risiko softlens terbawa tidur dipastikan akan merusak mata, karena menutupi jalur udara kornea.

"Kalau kontak lensa ini jelas berbahaya kalau terbawa tidur, karena mata kornea, nafasnya itu kebanyakan dari luar (kornea) juga termasuk jadi kalau udaranya ketutup sama kontak lensa terus kebawa tidur pula," ujar Dr.Nashrul dalam Grand Oepning Klinik Utama Mata JEC @Bekasi, di Jalan Jenderal Sudirman, Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/3/2019).

Jangankan terbawa tidur, terlalu lama mengenakan softlens juga bisa berbahaya karena menutup udara yang masuk ke mata. Terlebih terbawa tidur akan menyebabkan kebutaan.

"(Kebawa tidur) enggak ngedip air matanya juga enggak jalan, itu kekurangan oksigen, itu jadi gampang luka infeksi bisa kebutaan kornea infeksinya, itu bahaya banget," tuturnya.

Sementara itu, peristiwa kerusakan mata karena softlens bukan hal yang baru. Seperti pada 2017, seorang wanita bernama Tisusilo dimana mata kirinya terserang bakteri ganas akibat penggunaan softlens yang tidak higienis.

Baca juga: Bisakah Mata Katarak yang Sudah Sembuh 'Kumat' Lagi?

Jauh pada 2015 sebelumnya, Jess Greaney gadis asal Birmingham, Inggris nyaris kehilangan pengelihatan karena bola matanya digerogoti parasit, disinyalir akibat terlalu lama mengenakan softlens.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More