Forgot Password Register

Terlalu Lama Mandi Saat Puasa Membuat Kulit Kering

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ketika puasa tubuh akan cenderung lebih banyak kehilangan cairan. Kondisi itu akan menyebabkan berkurangnya kelembaban kulit karena dehidrasi. Sebaiknya saat sahur dan setelah berbuka lebih diperbanyak mengonsumsi air putih.

Cara sederhana untukk mencegah kulit kering pada saat berpuasa adalah mandi dengan waktu tidak lebih dari lima menit. Hal itu disarankan oleh beberapa dokter spesialis kulit.

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Manfaatkan Air Beras untuk Kecantikan

Terlalu lama mandi atau semakin lama terjadi kontak antara kulit dengan air maka akan melarutkan lemak membuat kulit kering. Lemak berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. 

Setelah mandi, dalam kondisi kulit masih agak basah, sebaiknya aplikasikan pelembap pada kulit. Atau bisa juga peggunaan pelembap dilakukan setelah berwudhu.

Sebaiknya untuk tidak menggunakan pelembab yang mengandung petroleum jelly. Pelembab jenis ini menahan cairan tetap di dalam kulit sehingga tidak ideal di iklim tropis, kecuali jika keadaan kulit sangat kering dan pecah-pecah. Penggunaan spray wajah juga bisa membantu melembabkan kulit.

Baca juga: Kabar Baik, Menurut Pakar Cokelat yang Baik Tak Bikin Gemuk

Selain itu, jaga asupan makanan dan minuman yang bisa menyebabkan kulit kering. Hindari kafein yang bisa menarik cairan dan mineral dari tubuh yang berimbas pada kulit kering.

Dan yang terakhir adalah, konsumsi makanan seperti daging, ikan, sayur dan buah pun menjadi cara penting lainnya mencegah kulit kering. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More