Pantau Flash
Hasut Ujaran Kebencian ke Messi, Banding Presiden FA Palestina Ditolak CAS
Polisi Tetapkan 9 Tersangka Tambahan di Kasus Kerusuhan 21-22 Mei
Semester I-2019, Lapangan Migas Pertamina Lampaui Target Produksi
Marcus/Kevin Susul Hendra/Ahsan ke Semifinal Indonesia Open 2019
Wiranto Sebut Rekam Jejak FPI Sedang Ditelusuri Terkait Perpanjangan Izin

Tips Merawat Kulit Wajah yang Berminyak

Tips Merawat Kulit Wajah yang Berminyak Ilustrasi wajah. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Memiliki kulit wajah yang berminyak sering menimbulkan keluhan, tidak hanya membuat wajah terlihat mengilap, kulit berminyak juga rentan terhadap jerawat. 

Bahkan, polusi dan kotoran dapat menyebabkan komedo bagio mereka yang memiliki kulit berminyak.

Melansir Alodokter, Kamis (25/10/2018), sebenarnya minyak memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Namun, jika diproduksi secara berlebih, minyak di wajah justru dapat menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan munculnya jerawat. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan merawat wajah berminyak dengan benar.

Baca juga: Pentingnya Pelembab untuk Kulit Berminyak

Pilih pembersih wajah yang tepat

Cucilah wajah setidaknya 2 kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak. Agar bebas dari kotoran dan bakteri penyebab jerawat, kamu bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan antibakteri yang lembut dan bebas alkali, seperti montaline C40. Selain itu, pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5 juga bisa menjadi pilihan karena dapat mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga membantu mengatasi masalah kulit berjerawat.

Rutin menggunakan scrub

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk rutin membersihkan wajah menggunakan scrub setidaknya 2 kali dalam seminggu. Scrub bisa membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori, sekaligus mengangkat sel kulit mati pada wajah. Namun, hindari menggosok terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi.

Gunakan krim wajah

Gunakanlah krim wajah khusus untuk kulit berminyak untuk menjaga kelembapan kulit tanpa menambah produksi minyak, pilih krim wajah yang bersifat mattifying. Akan lebih baik lagi jika menggunakan krim wajah mattifying yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat (hyaluronic acid). Sehingga meski produksi minyak berkurang, kandungan tersebut tetap dapat memberi nutrisi dan menjaga kelembapan kulit wajah.

Baca juga: Bunga Lavender Bisa Menjadi Bahan Obat Penenang yang Aman

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Ragam

Berita Terkait: