Pantau Flash
Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh di 2020
Ma'ruf Amin Minta Menag Sempurnakan Lagi PMA Majelis Taklim
5 Klub Perebutkan 2 Tiket Sisa ke 16 Besar Liga Champions
Patung Bung Karno Diresmikan di Stasiun Blitar
Hati-hati! KM 40-86 Tol Cipali Rawan Kecelakaan

Tok! Lima Pimpinan Baru KPK Resmi Disahkan DPR

Headline
Tok! Lima Pimpinan Baru KPK Resmi Disahkan DPR Firli Bahuri (Foto: Antara)

Pantau.com - Lima Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih Periode 2019-2023 secara resmi sudah diteapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Adapun pengesahan lima pimpinan KPK terpilih ini diambil setelah Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsuddin melaporkan hasil seleksi kepada forum Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Baca Juga: Pesan Agus Rahardjo pada Seluruh Pegawai KPK: Yang Kita Butuhkan Kekompakan

"Komisi III sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan, yaitu pada  11 dan 12 September terhadap 10 calon pimpinan," kata Aziz dalam rapat paripurna.

"Selanjutnya Komisi III sesuai UU 30/2002 diwajibkan memilih lima calon Pimpinan KPK untuk periode 2019-2013," sambungnya.

Sebelumnya Komisi III sudah melakukan Fit anda Proper test terhadap 10 capim KPK. Hasilnya Komisi III memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Dia didampingi empat wakil, yaitu Nawawi Pamolango, Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Lili Pintauli Siregar.

Usai menerima laporan dari Aziz, Fahri selaku pimpinan rapat pun bertanya pada forum Paripurna. Apakah laporan dan hasil seleksi itu dapat diterima.

"Apakah laporan Ketua Komisi III tentang uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan KPK dapat disetujui?" tanya Fahri kemudian disambut oleh pernhytaan setuju oleh para anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna.

Baca Juga: Anggota Komisi III: Kursi Pimpinan KPK Tak Boleh Kosong!

Untuk diketahui juga, soal pemilihan pimpinan KPK sempat menuai polemik. Pasalnya, Firli Bahuri disebut-sebut memiliki catatan pelanggaran etik saat bertugas sebagai Deputi Penindakan KPK.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: