Pantau Flash
Vokalis Band Rock 'The Cars' Rick Ocasek Meninggal Dunia
Ditugaskan Impor 50.000 Ton Daging Sapi Brazil, 3 BUMN Ini Belum Urus Izin
Thailand Terancam Krisis Ekonomi karena Tuduhan Manipulasi Pemilu
Lahir dengan Koneksi Internet dan Medsos, Gen Z Waspadai Depresi
Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak

Trik Agar Eksterior Mobil Terlihat Baru dan Mengkilap

Trik Agar Eksterior Mobil Terlihat Baru dan Mengkilap Ilustrasi mobil. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mobil adalah kendaraan beroda empat yang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, karena mobil merupakan benda yang dapat kita pakai saat melakukan perjalanan.

Dengan berkembangnya otomotif mobil membuat banyak orang yang ingin memiliki mobil karena kendaraan ini serbaguna, bisa dipakai bekerja, liburan bersama keluarga dan aktifitas lainnya.

Namun banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat body atau cat agar tetap bersih, mulus, dan awet sehingga warna kelihatan pudar.

Berikut tips dan trik dalam merawat eksterior mobil agar selalu terlihat baru dan mengkilap.

Cuci 

Walaupun kotoran yang menempel di mobil masih sedikit, tidak ada salahnya langsung mencuci mobil. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama karena akan merusak lapisan cat pada body mobil.

Teknik lap dan poles

Mengelap mobil merupakan hal penting, karena ketika mobil dalam kondisi kotor dan menempel partikel-partikel kecil ketika dilap justru akan menimbulkan goresan yang merusak cat.

Baca juga: Mencuci Kaca Mobil Menggunakan Sabun atau Shampo Ternyata Salah

Saat mengelap gunakan kain yang basah agar partikel yang menempel tidak menggores. Langkah selanjutnya ambil spon bersih dan oleskan cairan poles pada spon, bukan pada mobil.

Kemudian gosok body mobil menggunakan spon tadi dengan gerakan memutar atau naik turun. Setelah proses selesai, tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit. Bila mobil telah benar-benar kering, bersihkan sisa dari cairan poles menggunakan microfiber.

Wax pelindung cat

Setelah menggunakan cairan poles, saatnya proses waxing. Tekniknya sama seperti cairan poles, hanya saja waxing lebih ringan.

Baca juga: Penting untuk Merotasi Roda Mobil Secara Merata

Poles wax ke seluruh bagian mobil secara merata. Tunggu beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan lap kering dan bersih. Agar body mobil selalu mengkilap dan bebas jamur, proses waxing dapat dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Jangan parkir sembarangan

Agar cat mobil selalu mengkilap, pastikan tidak memarkirkan mobil di bawah sinar matahari karena bisa membuat cat kusam.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Rifeni
Category
Ragam

Berita Terkait: