Pantau Flash
Imbas Perang Dagang, China Mulai Kurangi Impor Emas Hingga 500 Ton
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet
Efek Aksi Demo, Pemesanan Tiket Pesawat ke Hong Kong Turun 20 Persen

Turki Beri Peringatan Jaksa Penuntut Umum Saudi untuk Telanjangi Kasus Kematian Khashoggi

Turki Beri Peringatan Jaksa Penuntut Umum Saudi untuk Telanjangi Kasus Kematian Khashoggi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters/Umit Bektas)

Pantau.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta jaksa penuntut Arab Saudi Saud Mojeb untuk mengungkapkan siapa yang memerintahkan pembunuhan wartawan oposisi Arab, Jamal Khashoggi.

"Kemarin, jaksa kami mengatakan kepada mereka (delegasi Saudi) bahwa sejak kejahatan itu dilakukan di Istanbul, maka itu dapat diselidiki di sini. Ada pertanyaan yang harus dijawab. Siapa yang memerintahkan untuk mengirim ke sini 15 orang ini (operasi Saudi) yang dipercaya oleh Turki telah terlibat dalam pembunuhan jurnalis?" kata Erdogan, seperti dilansir dari Sputnik, Rabu (31/10/2018).

"Anda, sebagai jaksa penuntut umum Saudi, harus menemukannya. Menteri Luar Negeri Saudi (Adel Jubeir) mengatakan mereka memiliki kaki tangan setempat. Ia harus diidentifikasi," sambung Erdogan.

Baca juga: Jaksa Saudi Tiba di Istanbul Terkait Pembunuhan Khashoggi

Dia menekankan, pihaknya tidak punya niat untuk menghentikan penyelidikan, dan memperingati untuk menutupi jejak dan mencoba menyelamatkan seseorang yang berada di balik peristiwa berdarah itu.

Jaksa Arab Saudi yang memimpin penyelidikan pembunuhan Jalam Khashoggi, telah tiba di Istanbul pada Minggu (28 Oktober 2018), menurut kantor berita Anadolu.

Jaksa tersebut tiba menjelang pertemuan yang akan dilangsungkan dengan jaksa utama di Istanbul, Turki.

Presiden Tayyip Erdogan pada Sabtu (27 Oktober 2018), Turki akan menghargai hasil pembicaraan antara kedua jaksa tersebut. Belum ada kejelasan soal kapan pertemuan antara keduanya akan berlangsung. Menurut Anadolu, Jaksa Saudi juga akan memeriksa Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Baca juga: Erdogan: Pembunuhan Khashoggi Sudah Direncanakan

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: