Pantau Flash
KPK Kembali Agendakan Pemeriksaan Soekarwo Pekan Depan
Kantongi USD102 Miliar, Huawei Duduki Posisi 1 dari 500 Perusahaan China
Produsen Korsel Sudah Incar Lokasi Untuk Pabrik Mobil Listrik di Karawang
The Daddies Melenggang ke Perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka

Update Kelanjutan Esemka, Menperin: Pabriknya Sudah Diresmikan Belum?

Headline
Update Kelanjutan Esemka, Menperin: Pabriknya Sudah Diresmikan Belum? Mobil Esemka (Foto: Instagram)

Pantau.com - Mobil Esemka mulai populer Februari 2012 lalu saat Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat sebagai Walikota Solo. Tahun 2014 diawal masa jabatannya sebagai Presiden RI, Jokowi mengaku akan menunjukkan keberpihakannya kepada produsen mobil lokal. 

Sebab, mobil nasional dinilai sulit berkembang karena banyaknya regulasi yang diterapkan untuk melakukan produksi massal terhadap merk mobil lokal.

Mobil Esemka sering kali menjadi brand yang dimunculkan dalam perwujudan produksi masal mobil lokal ini. Namun, hingga saat ini mobil Esemka tak kunjung terlihat produksinya. 

Baca juga: Siap Bersaing, Mobil Esemka Dipasarkan Lebih Murah

Terkait hal tersebut Kementerian Perindustrian menegaskan jika pemerintah tidak membahas kendaraan berdasarkan merknya namun kendaraan dibahas berdasarkan jenisnya. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto enggan menanggapi terkait kabar terbaru mobil Esemka yang sebelumnya digadang-gadang akan memulai produksinya Oktober 2018. 

"Esemka (itu) merk atau jenis kendaraan? Kalau kita kan tidak membahas; mobil Toyota atai Mazda atau BMW atau Volvo," ujarnya saat ditemui di kantor Kemenperin, Kuningan, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Dia menambahkan kendaraan yang menajdi pembahasan biasanya berdasarkan jenis. Untuk brand-nya tidak dibahas secara khusus.  

"Pertama kendaran itu berdasarkan tipe seperti tadi lowcost emision vehicle, merknya terserah saja, yang namanya komersial car, truk merknya terserah saja," katanya. 

Baca juga: Kalian Pasti Tak Sabar Melihat Kendaran Listrik yang Bisa Hemat Bahan Bakar

Sehingga pihaknya menegaskan tidak membahas merek. Namun pihaknya memastikan Januari mendatang akan ada pemasaran mobil jenis Angkutan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang akan dipasarkan.

"Jadi kita tidak membahas merk tapi tipe kalau tipe kita ada produk yang namanya angukatn multiguna pedesaan amdes itu kita sudha kembangkan mudah-mudahan akan dipasarkan Januari," pungkasnya.

Untuk mobil dengan merk Esemka kata dia, hingga saat ini belum ada peresmian pabriknya. "Sekarang saya tanya, pabriknya sudah diresmikan belum?" Kata dia ditutup tawa.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika
Category
Ekonomi

Berita Terkait: