Pantau Flash
FKUB Minta Pemprov Papua Gandeng Ulama saat Investigasi di Jawa Timur
Minta Penjelasan Soal Pajak IMEI, Sri Mulyani akan Datangi Menkominfo
Wali Kota Depok Pilih Gabung DKI Jakarta Ketimbang Provinsi Bogor Raya
Kondusif, Pertamina Kembali Salurkan BBM di Manokwari, Sorong, dan Jayapura
Wiranto Sebut Situasi Keamanan di Papua Sudah Kondusif

Viral! Saldo Gopay Rp9 Jutaan Dibobol, Gara-gara Sebut OTP

Headline
Viral! Saldo Gopay Rp9 Jutaan Dibobol, Gara-gara Sebut OTP Screenshot cerita penipuan (facebook: Fendi Orlando Li)

Pantau.com - Siapa di antara kalian yang sering dapat telepon hadiah tapi meminta data rahasia kalian, terutama di jaringan online.

Tapi sebelumnya sobat Pantau sudah tahu belum data penting yang dimaksud itu adalah kode OTP (One Time Password).

Di mana data ini terdiri dari enam nomor yang dikirim dari pihak jasa penyimpan dana anda. Tujuannya adalah agar ketika Anda ingin melakukan transaksi, CATAT! kode ini rahasia. 

Baca juga: Kisah Asep, Korban Pinjaman Online yang Terjerat Bunga Rp19 Juta

Ingat, kasus ini tak hanya mengincar nasabah bank, tetapi pengguna aplikasi gojek hingga grab lho. Seperti yang sedang viral hari ini seorang pengguna gojek saldonya terkuras hingga Rp9.000.000. 

Dikutip dari cerita yang dibagikan akun Facebook Fendi Orlando Li, salah satu pengguna Gocar telah kehilangan saldonya hingga Rp9 juta. 

 

Awalnya customer ini berencana menggunakan gocar dari bandara ke rumah, ketika sudah mendapatkan driver.  Tiba-tiba ada yang menelpon mengaku dari customer service gojek Indonesia. 

"Mbak barusan mesen gocar ya? itu driver palsu mbak, abis dipecat. Karena belum 1x24 jam makanya dia masih bisa akses aplikasinya. Mbak gak bisa cancel lagi kan tuh?," tulis korban.

Singkat cerita, si penipu menawarkan bantuan agar saldo yang sudah dipotong gojek bisa kembalikan. Korban pun sadar bahwa yang ia kasih adalah OTP aplikasi gojeknya. Ia terus disarankan untuk mengisi saldo gojek melalui mobile banking. 

Baca juga: Salah Masukan Kode, Pin Go Pay Kamu Akan Terblokir Lho

"Itu 5x transfer udah kaya 9 jutaan. Gw cek saldo gopay gw, ada si 9 juta, tapi pas gw refresh, ilang sisa berapa perak doang," tulisnya lagi.

Nah gengs, jika pelaku penipuan berhasil mendapat kode OTP, maka keamanan perbankan atau aplikasi yang korban miliki tidak lagi terjamin aman.

Pelaku akan menggunakan informasi korban untuk melakukan berbagai tindak kriminal, yang lebih parah adalah jika semua saldo kamu disemua bank bisa dibobolnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: