Pantau Flash
WADA Menyetujui Reformasi untuk Meningkatkan Representasi Atlet
Seorang Anggota Pemuda Pancasila Jadi Tersangka Pemukulan Perwira Polisi, Kemungkinan Bakal Ada Tersangka Tambahan
Kemenkes Perkirakan OTG dan Terkonfirmasi COVID-19 Capai 16 Juta Orang
Dinilai Berjasa Percepatan Vaksinasi Covid-19 dan Penurunan Tarif PCR, Menkes Budi Raih Penghargaan 'People Of The Year 2021'
Kominfo Imbau Waspada Hoaks COVID-19

Harga Minyak Dunia Naik Lebih Dari 10 Persen karena Serangan di Kilang Arab

Headline
Harga Minyak Dunia Naik Lebih Dari 10 Persen karena Serangan di Kilang Arab Tangki minyak Aramco terlihat di fasilitas produksi di ladang minyak Shaybah Saudi Aramco di Empty Quarter, Arab Saudi, 22 Mei 2018. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Harga minyak melonjak lebih dari 10 persen pada Senin (16/9/2019) sebagai imbas dari keputusan Arab Saudi untuk mengurangi produksinya sampai separuh. Hal itu dilakukan setelah dua fasilitas minyaknya diserang.

Presiden Amerika Donald Trump menuding Iran melakukan serangan itu dan meningkatkan kemungkinan penggunaan serangan militer terhadap negara itu.

Dilansir dari kantor berita AFP, harga minyak Brent naik 11,77 persen menjadi 67 dolar 31 sen per barel pada awal perdagangan di Asia.

Baca juga: Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak

Serangan pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, tempat koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan serangan dalam perang lima tahun ini, efektif menurunkan enam persen pasokan minyak global. Brent sempat melonjak hampir 20 persen pada hari Senin. 


Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: