Pantau Flash
Kanada Identifikasi Kasus Pertama Virus Corona
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020
Trump Naikkan Tarif Produk Turunan Baja dan Alumunium Beberapa Negara

Ini 5 Faktor yang Sebabkan Produk China Terkenal Lebih Murah

Headline
Ini 5 Faktor yang Sebabkan Produk China Terkenal Lebih Murah TV Made in China (Foto: Reuters/Jason Lee)

Pantau.com - Selama ini brand barang dari China murah memang benar adanya. Ups bukan karena murahan juga lo. Rupanya ada beberapa faktor yang menyebabkan barang made in China murah.

Baca juga: Krisis Daging Babi Mulai Membuat China Keluarkan Stok Daging Babi Beku

1. Branding


llustrasi (Foto: Pixabay)

Beberapa produk yang berhasil menyita perhatian kita salah satunya adalah produk smartphone Xiaomi. Rupanya produsen China memang sengaja membuat brand yang boombastis tanpa melihat keuntungan terlebih dahulu. 

2. Maraknya Home Industry 


llustrasi (Foto: Pixabay)

Kalau di Indonesia kita sering dengan istilah produksi barang setengah jadi. Nah di China juga melakukan hal itu, namun barang-barang ini rupanya di produksi secara skala kecil sehingga bisa memotong biaya tempat produksi.

Karena barang sudah di produksi di masing-masing tempat produksi. Sehingga pabrik hanya tinggal merakit barang jadinya.

Baca juga: Kredit Macet UMKM di Bank Mandiri Tercatat Menurun

3. Bebaskan dari Pajak


llustrasi (Foto: Pixabay)

Rupanya Pemerintah China tidak segan untuk membebaskan pajak pada beberapa perusahaan. Tentunya kita tahu, pajak perusahaan itu berlapis-lapis.

Namun, yang dibebas pajak ini juga rupanya unit usaha kecil (UKM) yang beromzet kurang dari 20.000 yuan (Rp40 juta). Nah mungkin kenapa akhirnya banyak home industry.

4. Kualitas Sesuai Permintaan Pasar


llustrasi (Foto:Pixabay)

Nah jangan underestimate sama produk China, rupanya kenapa harganya murah hal itu disesuaikan dengan permintaan pasar. Jadi sebenaranya kalau cari barang mahal juga disana banyak lo.

Ketua Persatuan pengusaha Tionghoa Indonesia Richard Tan mengatakan, perusahaan China menyesuaikan order. Mereka bisa memproduksi barang dengan spesifikasi apapun berdasarkan batas harga yang diminta.

5. Ekspor Disubsidi Pemerintah


llustrasi (Foto: Pixabay)

Bukan cuma pajak, rupanya ekspor barang di negara ini juga di diskon alias di subsidi sama pemerintah. Barang setengah jadi yang diekspor diberi subsidi oleh pemerintah sehingga perusahaan tidak membayar biaya penuh.

Yang lebih enaknya lagi, barang jadi justru tidak dikenakan bea ekspor. Otomatis lebih banyak perusahaan yang tertarik untuk memproduksi barang jadi dan mengekspornya ketimbang barang setengah jadi.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: