Pantau Flash
Kemenkes Kirim Tim Observasi WNI dari Kapal World Dream Siang Ini
PSM Diminta Lebih Kompak Lawan Shan United
Menkes Terawan: 9 WNI Positif Korona di Diamond Princess Tidak Sakit Berat
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona

Menteri BUMN Dukung Pengembangan Pelabuhan Benoa untuk Pariwisata

Menteri BUMN Dukung Pengembangan Pelabuhan Benoa untuk Pariwisata Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Antara)

Pantau.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung pengembangan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Benoa, Bali, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan lewat pelabuhan laut.

"Saya mendukung pengembangan perluasan Pelabuhan Benoa dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berlibur di Pulau Dewata, termasuk juga sebagai pelabuhan penghubung wisata," ujar Menteri BUMN Erick Thohir saat berkunjung ke Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Bali, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: Erick Thohir Ingin Pelabuhan Benoa Jadi Kawasan Turis Terpadu Kelas Dunia

Ia mengatakan pihaknya mendukung penuh rencana-rencana yang telah dilakukan Pelindo, karena dengan langkah perluasan Pelabuhan Benoa sebagai pelabuhan wisata kapal pesiar, sudah tentu memudahkan para turis datang ke Bali.

"Pengembangan dan perluasan pelabuhan laut sangat penting untuk mendukung kelancaran transportasi, baik darat, laut dan udara. Langkah ini sudah dilakukan perusahaan di bawah Kementerian BUMN," ujarnya.

Menteri Erick Thohir lebih lanjut mengatakan dalam situasi dan kondisi isu wabah virus corona di China, tentu akan berpengaruh terhadap kunjungan wisata di Bali, termasuk di Indonesia. Karena itu perlu upaya-upaya yang lebih strategis agar tidak larut dengan isu virus Korona. "Dengan isu tersebut pasti berdampak terhadap sektor pariwisata. Mungkin bisa tiga hingga empat bulan ke depan. Namun soal pembangunan yang telah direncanakan seperti sekarang ini tak boleh tertunda dengan keadaan seperti itu. Tetap dilanjutkan sesuai dengan rencana," ucapnya.

Dukungan juga disampaikan anggota Komisi VI DPR-RI Gede Sumarjaya Linggih, bahwa pembangunan yang telah berjalan sesuai dengan rencana agar dilanjutkan seperti perluasan Pelabuhan Benoa ini.

"Pembangunan Pelabuhan Benoa sudah berjalan lancar untuk ke depannya bisa meningkatkan kunjungan turis ke Pulau Dewata," ujar politikus Golkar asal daerah pemilihan Bali.

Baca juga: Erick Thohir Ingin Jadikan Pelabuhan Benoa Berkelas Dunia

Menurut dia, saat ini pihak Pelindo III juga meningkatkan pembangunan pendukung disekitar pelabuhan laut terbesar di Bali, di antaranya membangun sarana publik untuk ritual keagamaan di kawasan Pemelastian yang berada di utara Pelabuhan Benoa.

"Dengan adanya fasilitas publik, khususnya untuk ritual keagamaan Desa Adat Pedungan Kota Denpasar akan memperlancar lalu lintas jalan raya ketika sedang berlangsung upacara. Karena dulu jika ada upacara keagamaan masyarakat akan memenuhi akses jalan menuju Pelabuhan Benoa. Sekarang tentu saat ada upacara tidak akan sampai mengganggu lalu lintas, sebab telah dibangun kawasan Pemelastian tersebut," tukasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Category
Ekonomi

Berita Terkait: