Pantau Flash
Ahmad Sahroni: Penangkapan Gus Nur Berdasarkan Bukti-bukti Jelas
Takaaki Nakagami Raih Pole Position MotoGP Teruel di Aragon
Ade Yasin Bakal Batasi Kendaraan di Jalur Pucak saat Libur Panjang Nanti
Duh, Kepulauan Riau Kekurangan Ventilator untuk Pasien COVID-19
Bamsoet Apresiasi Penetapan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung

Rupiah Akhir Pekan Ditutup Menguat Rp14.735 per USD

Rupiah Akhir Pekan Ditutup Menguat Rp14.735 per USD Mata uang Rupiah dan Dolar. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan ditutup positif seiring penguatan mata uang kawasan Asia. Rupiah ditutup menguat 98 poin atau 0,66 persen menjadi Rp14.735 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.833 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat, mengatakan penguatan rupiah terjadi seiring pemulihan ekonomi AS yang mulai diragukan pasar dan juga keputusan Bank Indonesia yang menahan suku bunga acuan.

"Selain kedua sentimen tersebut, penguatan indeks saham Asia hari ini juga memberi sentimen positif ke nilai tukar regional termasuk rupiah," ujar Ariston.

Baca juga: Suku Bunga BI Tetap 4 Persen, Rupiah Ditutup Menguat

Data klaim tunjangan pengangguran mingguan di AS masih cukup besar di kisaran 860 ribu klaim. Hal itu mengindikasikan pengangguran masih tinggi akibat pandemi.

Sementara itu, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada Kamis 17 September 2020 kemarin memutuskan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate tetap di level 4 persen.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.755 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.730 per dolar AS hingga Rp14.768 per dolar AS. Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.768 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.878 per dolar AS. 

Baca juga: Rupiah Dibuka Menguat Rp14.820 per USD karena Sentimen Positif Global

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: