Pantau Flash
Cair H-10! Sri Mulyani Siapkan Rp30,6 Triliun untuk THR PNS
Muhammadiyah Minta Warga Tahan Diri Tak Mudik Lebaran
Eks Ketua Pengadaan Bakamla Didakwa Rugikan Negara Rp63,829 Miliar
KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, Menhan Prabowo: Segera Modernisasi Alutsista 3 Matra
Update COVID-19 22 April: Kasus Positif Naik 6.243 dengan Total 1.626.812

Komite Vaksin Kanada: AstraZeneca Tidak Untuk Orang dengan Usia 65 Tahun ke Atas

Komite Vaksin Kanada: AstraZeneca Tidak Untuk Orang dengan Usia 65 Tahun ke Atas Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: Antara)

Pantau.com - Komite Penasihat Nasional Kanada untuk Imunisasi merilis pedoman baru yang menyarankan orang berusia 65 tahun ke atas tidak disuntik vaksin COVID-19 AstraZeneca, dengan alasan kurangnya informasi tentang kemanjuran pada kelompok usia tersebut.

Vaksin itu diizinkan oleh regulator obat Health Kanada pada Jumat (26/2) untuk disuntikkan kepada orang berusia 18 tahun dan yang lebih tua. Rekomendasi komite tidak mengikat, tetapi dapat memengaruhi rencana vaksinasi provinsi.

Baca juga: Eijkman Ungkap Pemberian Plasma Konvalesen ke Pasien COVID-19 Harus Sedini Mungkin

Keputusan Health Canada mencatat bahwa data uji klinis yang tersedia terlalu terbatas untuk memperkirakan secara andal seberapa baik vaksin bekerja pada orang berusia 65 tahun ke atas.

Tetapi, badan itu juga mengatakan bukti nyata yang muncul di dunia di tempat-tempat yang sudah mulai menggunakan vaksin menunjukkan potensi manfaat dan tidak ada masalah keamanan. 

Baca juga: Lonjakan Kasus Positif Korona di Kanada Mengkhawatirkan

Sebuah studi pendahuluan tentang program vaksinasi Skotlandia yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan bahwa suntikan AstraZeneca sangat efektif dalam mencegah infeksi parah di sana.

Di Jerman, saran untuk menggunakan vaksin hanya untuk orang di bawah 65 tahun telah menyebabkan rendahnya penggunaan dosis yang tersedia.


Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: