Pantau Flash
Pemprov DKI Gandeng 26 Rumah Sakit Swasta Jadi Rujukan COVID-19
Wali Kota Bandung Minta Warga Waspadai Klaster Keluarga COVID-19
Kota Sukabumi Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat COVID-19
Kasus Baru Positif COVID-19 di Indonesia Hampir 5.000 per 25 September
Pembayaran Klaim Asuransi Terkait COVID-19 Capai Rp216 Miliar

Rusia Tak Akan Menjamin Keselamatan Pesawat Turki di Suriah

Rusia Tak Akan Menjamin Keselamatan Pesawat Turki di Suriah Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pihaknya idak dapat menjamin keselamatan pesawat-pesawat Turki yang mengudara di Suriah setelah Damaskus menyebutkan penutupan wilayah udara di atas kawasan Idlib. 

Pengumunabn tersebut dilaporkan Kantor Berita TASS, Minggu 1 Maret 2020 waktu setempat. Kementerian mengeluarkan peringatan pasca Turki menembak jatuh dua pesawat tempur Suriah di atas wilayah Idli.

Baca juga: 33 Tentara Turki Tewas dalam Serangan Udara Suriah di Idlib

Selain itu, Turki juga menyerang bandara militer di luar garis depan Suriah dalam operasi militer yang semakin gencar menyusul kematian puluhan tentara Turki pekan lalu.

"Dalam kondisi ini para pemimpin kontingen militer Rusia (di Suriah) tidak dapat menjamin keselamatan pesawat Turki di wilayah udara Suriah," menurut TASS, mengutip Kepala Pusat Rekonsiliasi Militer Rusia di Suriah, Oleg Zhuravlev.

Baca juga: Rudal Israel Hantam Kamp Jihadis Islam di Damaskus dan Jalur Gaza

Serangan udara itu dilakukan di tengah serangan pemerintah Suriah yang didukung Rusia untuk merebut kubu pertahanan terakhir negara yang dikuasai oposisi. Idlib rumah bagi lebih dari tiga juta orang.

Kampanye pemboman dan serangan darat telah membuat hampir satu juta orang mengungsi sejak Desember, lebih dari setengahnya adalah anak-anak. Menanggapi laporan tersebut, Turki memperingatkan pihaknya akan menyerang semua target rezim Suriah yang diketahui.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: