Bejo Susu Jahe Merah Bejo Susu Jahe Merah
Pantau Flash
Fraksi PKB-PSI Tolak Raperda Depok sebagai Kota Religius
Kejagung Periksa Empat Pejabat OJK Terkait Kasus Jiwasraya
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca untuk DKI Jakarta
Bupati Bogor Cari Pihak yang 'Amankan' Konser Rhoma Irama di Pamijahan
Ingat, Hari Ini Terakhir Cetak Ulang Kartu UTBK

5 Kali Sudah Sumbar Diguncang Gempa Bumi Selama Sepekan

5 Kali Sudah Sumbar Diguncang Gempa Bumi Selama Sepekan Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat mencatat terdapat lima kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumbar dan sekitarnya sejak sepekan terakhir.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri saat dihubungi dari Padang, Jumat menyebutkan tercatat sebanyak lima kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumbar yang terhitung sejak 29 Mei hingga 04 Juni 2020.

"Dari lima kejadian gempa bumi yang tercatat oleh Stasiun Geofisika Padang Panjang, tidak terdapat gempa bumi yang dirasakan kuat," katanya.

Baca juga: Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina

Lebih lanjut ia mengatakan gempa bumi tersebut dengan kekuatan magnitudo 3 < M > 5 SR sebanyak tiga kali kejadian dan magnitudo < M 3 SR sebanyak dua kejadian. "Kemudian terdapat satu kali gempa bumi dengan kedalaman menengah dan empat lainnya merupakan gempa bumi dangkal," ujar dia.

Ia juga menyebutkan lima gempa tersebut hanya terjadi di wilayah Sumbar.

"Umumnya kekuatan gempa pada sepekan terakhir ini tidak dirasakan oleh masyarakat. Karena rata-rata di bawah kekuatan 4 magnitudo," katanya.

Baca juga: Gempa Bumi 7,1 M Guncang Maluku Utara

Ia menyebutkan gempa bumi yang terjadi selama sepekan terakhir terjadi di beberapa wilayah di Sumbar yaitu satu kali di Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, dan Kepulauan Mentawai.

"Gempa yang terjadi di atas kekuatan 4 magnitudo terjadi pada 4 Juni 2020 di Kepulauan Mentawai dengan kekuatan 4.5 magnitudo," katanya.

Kemudian gempa dengan kekuatan paling rendah hanya 2.2 magnitudo yaitu terjadi di Pasaman Barat pada 3 Juni 2020, demikian Mamuri.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: