Pantau Flash
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama

BMKG Beberkan Fenomena Suara Dentuman di Bandung

Headline
BMKG Beberkan Fenomena Suara Dentuman di Bandung Ilustrasi. (Foto: THINKSTOCK)

Pantau.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan suara dentuman yang dilaporkan terdengar oleh beberapa warga di Bandung dan sekitarnya pada Kamis pagi, bukan disebabkan gempa bumi maupun petir.

"Hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono yang dihubungi di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Begitu pula dengan hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 sampai dengan 10.00 WIB.

Baca juga: Suara Dentuman di Langit Bandung Bikin Geger Warga

Cuaca di Bandung dan sekitarnya sejak Kamis pagi hingga pukul 10.00 WIB dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan. "Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya," jelasnya.

Warga mendengar suara dentumam di atas langit Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah seorang warga Kabupaten Bandung, Nuruliah, menyebut suara dentuman di atas langit terdengar olehnya sekitar pukul 09.30 WIB.

"Awalnya teman saya nge-WA jam delapanan pagi. Dia ngasih tahu ada suara dentuman. Eh pas ke sini-sini saya dengar sendiri suaranya," kata dia.

Warga lainnya, Hidayat, menuturkan suara dentuman terdengar beberapa kali olehnya sekitar pukul 08.00 WIB. Warga Desa Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung itu, mengaku mendengar suara dentuman hingga enam kali.

Baca juga: Terungkap! Ini Penjelasan Vulkanolog Soal Suara Dentuman

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: