Pantau Flash
Robert Minta Pemain Persib Hindari Kerumunan Saat Jalani Latihan Mandiri
Wow, Ternyata Ada Tiga Juta Warga Luar DKI yang Terima Vaksin Covid-19 di Jakarta
Menteri Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa
Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan pada Malam Nanti
Keren! Greysia/Apriyani Tembus ke Final Olimpiade Tokyo

Bukan KKB, Tapi Kelompok Ini Pelaku Penembakan yang Tewaskan 5 Warga Sipil di Papua

Headline
Bukan KKB, Tapi Kelompok Ini Pelaku Penembakan yang Tewaskan 5 Warga Sipil di Papua Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan pelaku penembakan dan penganiayaan hingga menewaskan warga sipil di Kampung Pingki, Kabupaten Yahukimo, Papua, adalah kelompok sipil bersenjata (KSB) pimpinan Tandius Gwijangge (TG).

Dari laporan yang diterima keempat korban itu diserang KSB pimpinan Tandius Gwijangge, namun dibela warga yang kemudian ditembak hingga meninggal, kata Brigjen TNI Pangemanan, Kamis (24/6/2021) malam.

Dia menjelaskan korban penembakan bukan pekerja jembatan dari PT. Papua Crenoma, melainkan tukang bangunan yang disewa warga untuk membangun rumah di kampung tersebut,

Untuk karyawan PT. Papua Crenoma yang sedang mengerjakan pembangunan jembatan kondisinya dilaporkan aman, kata Brigjen TNI Pangemanan seraya mengakui adanya penembakan yang dilakukan terhadap truck milik PT Crenoma dengan nomor polisi DS 9655 MA.

Penembakan diduga menggunakan senjata laras panjang terjadi di kampung Pingki hingga menyebabkan supir balik arah dan menyelamatkan diri ke camp Kali Kuk Km 47+600.

"Untuk karyawan PT. Crenoma dilaporkan kondisinya aman, dan evakuasi dijadwalkan Jumat (25/6)," tambah Dandrem 172 Brigjen TNI Pangemanan.

Sementara itu Kepala Balai Jalan Wamena Sefnat Kambu secara terpisah mengakui dari laporan terakhir yang diterima korban yang meninggal bukan dari karyawan PT. Crenoma maupun staff PUPR.

"Sabtu (26/6/2021) saya akan ke Dekai untuk mengecek langsung kondisinya, " kata Kambu yang dihubungi dari Jayapura.

Tim Pantau
Editor
Gilang
Penulis
Gilang

Berita Terkait: