Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

Jenderal Andika Perkasa: Pasien Secapa AD Positif COVID-19 Tinggal 71 Orang

Jenderal Andika Perkasa: Pasien Secapa AD Positif COVID-19 Tinggal 71 Orang Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa (istimewa)

Pantau.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menyebutkan pasien positif COVID-19 di Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD saat ini tinggal 71 orang.

"Hasil lab PCR (polymerase chain reaction) dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sejak Jumat (7/8) kemarin sampai pagi (8/8) ini ada 21 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Andika, melalui pernyataan tertulis di Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Dengan terus bertambahnya pasien di Secapa AD yang negatif COVID-19, kata dia, total pasien positif COVID-19 dari semula 1.308 orang telah berkurang menjadi 1.237 orang.

Secara persentase, Kasad menyebutkan pasien yang sudah negatif COVID-19 sebesar 94,6 persen. "Pasien positif COVID-19 menjadi tinggal 71 orang atau 5,4 persen," ucapnya.

Baca juga: Panglima TNI: COVID-19 Harus Ditangani Secara Luar Biasa

Sementara itu, total perwira lulusan Secapa AD pendonor terapi plasma convalesence sampai dengan pagi ini berjumlah 43 orang. Namun, proses screening gelombang berikutnya masih terus berjalan.

Dalam mendukung penanganan COVID-19, Kasad juga sudah menjalin kerja sama terkait penelitian yang dilakukan oleh RS Unair terkait obat COVID-19.

Pada Kamis (16/7), laboratorium PCR kedua mulai dioperasikan yakni di RS TNI AD Sariningsih, Bandung, untuk mempercepat pelayanan pemeriksaan spesimen hasil tes usap di Bandung dan sekitarnya, setelah pengoperasian laboratorium PCR di RSPAD Gatot Soebroto.

Selain itu, Kasad juga telah meminta Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Kapuskes AD) Brigjen TNI Asrofi Sueb Surachman mempercepat koordinasi pelaksanaan uji klinis kombinasi obat COVID-19 dengan seluruh Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Darat.

Baca juga: Ahli Epidemiologi UI: Pasien Positif Korona Harus Diawasi Secara Ketat

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: