Pantau Flash
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni
Rapimnas Gerindra Minta Prabowo Kembali Pimpin Partai

Jokowi Instruksikan Masyarakat yang Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

Headline
Jokowi Instruksikan Masyarakat yang Keluar Rumah Wajib Pakai Masker Seorang laki-laki menggunakan masker melintas dekat mural bertuliskan 'save earth' di Lingkungan Peresak Tempit, Kelurahan Ampenan Tengah, Mataram, NTB, Minggu (5/4/2020). (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo meminta seluruh masyarakat wajib mengenakan masker saat berada di luar rumah guna menghindari penularan virus korona baru penyebab COVID-19.

Dalam rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (6/4/2020), Presiden menginstruksikan jajaran pemerintah terkait memastikan ketersediaan masker bagi warga.

"Masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat, karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker," katanya.

Baca juga: Masker Kain Bisa Jadi Alternatif, tapi Cuci dengan Air Panas dan Deterjen

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyarankan penggunaan masker saat berada di luar rumah guna mencegah penularan COVID-19 mengingat saat ini kemungkinan ada banyak individu yang terserang COVID-19 dan tidak mengalami gejala sakit namun bisa menularkan virus korona.

"Di awal, WHO menyampaikan yang pakai masker hanya yang sakit, yang sehat tidak. Tapi sekarang tidak, semua yang keluar rumah harus pakai masker," kata Jokowi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto sebelumnya mengemukakan bahwa warga bisa mengenakan masker kain yang bisa dipakai berulang kali setelah dicuci untuk menghindari penularan virus.

Baca juga: Terungkap! 40-90 Persen Partikel Virus Korona Bisa Menembus Masker Kain

"Semua harus gunakan masker, masker bedah dan masker N95 untuk petugas kesehatan, gunakan masker kain untuk warga, karena kita tidak tahu orang di luar, tanpa gejala, kita tidak tahu mereka sumber penyakit," kata Yuri pada Minggu (5/4).

Dia menyarankan warga mencuci masker kain dengan terlebih dulu merendamnya di dalam larutan sabun maksimal setelah empat jam pemakaian.

Hingga Minggu (5/4/2020), jumlah total pasien positif COVID-19 di Indonesia mencapai 2.273 kasus orang, 164 pasien telah sembuh, dan 198 pasien meninggal dunia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: